Qualcomm dilaporkan tengah mengembangkan game konsol serupa Nintendo Switch.
Qualcomm dilaporkan tengah mengembangkan game konsol serupa Nintendo Switch.

Qualcomm Garap Perangkat Gaming Android Mirip Switch?

Lufthi Anggraeni • 24 Maret 2021 14:50
Jakarta: Qualcomm dilaporkan tengah mengembangkan konsol game yang dapat digenggam dan berbasis Android serupa Nintendo Switch. Perangkat ini berpeluang untuk didukung oleh chipset silikon karya Qualcomm, dan akan dipasarkan mulai tahun 2022.
 
Menurut artikel yang dimuat di XDA Developers, dan didukung gambar dari Android Police, perangkat ini akan berbekal pengendali serupa Joy-Con dapat dilepas, slot kartu SD, menggunakan sistem operasi Android 12, dan didukung jaringan 5G.
 
Editor-in-Chief XDA Developers Mishaal Rahman menambahkan bahwa konsol game genggam Qualcomm ini akan berbekal baterai berkapasitas 6.000 mAh. Hingga saat ini, belum tersedia informasi pasti menyoal dimensi fisik perangkat ini, namun Rahman mengunggah tweet bahwa layar perangkat akan berukuran 6,55 inci.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, tweet Rahman juga menyebut bahwa layar konsol game genggam tersebut akan mengusung resolusi setidaknya 1080p, serta mengindikasikan bahwa perangkat juga akan berbekal kipas pendingin.
 
Dengan kata lain, perangkat ini serupa smartphone berukuran besar dengan pengendali yang dapat dilepas-pasang dan teknologi pendingin aktif. Perangkat ini juga memiliki perpustakaan game yang hanya dapat dimainkan oleh konsol tersebut, menjadi kekurangan terbesarnya.
 
Artikel di Android Police juga mengindikasikan bahwa Qualcomm ingin memasarkan perangkat, sehingga perangkat ini diperkirakan akan dipasarkan via toko peritel. Perangkat ini juga dikabarkan akan dipasarkan seharga USD300 (Rp4,3 juta), serupa harga penawaran Switch.
 
Namun, Rahman menekankan bahwa sumbernya lebih meyakini bahwa produk ini mendekati referensi desain dibandingkan dengan desain perangkat yang saat ini tersedia di pasar. Produsen chip, termasuk Qualcomm, kerap membangun perangkat sampel untuk membantu desain manufaktur lain terkait dengan SoC atau radio karya mereka.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif