Sebelumnya, Bapenda Sumbar menghadapi kendala dalam menyampaikan informasi pajak kendaraan kepada masyarakat. Pengiriman surat fisik dan pemasangan spanduk memakan waktu dan biaya operasional yang besar, dengan jangkauan yang terbatas hanya sekitar 3.000 surat per bulan.
Namun, setelah mengintegrasikan layanan OCA Blast dengan aplikasi pengiriman pesan, jumlah pemberitahuan pajak yang dikirim melonjak drastis hingga 1500%, mencapai 45.000 per bulan.
Transformasi digital ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Penggunaan kertas dan kendaraan untuk distribusi surat fisik berkurang secara signifikan, yang pada gilirannya membantu menekan emisi karbon dan mengurangi limbah.
Menurut World Wildlife Fund (WWF), produksi kertas memiliki dampak besar terhadap deforestasi dan emisi karbon. Dengan beralih ke komunikasi digital, Bapenda Sumbar turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.
"Transformasi digital bukan hanya tentang efisiensi operasional, tetapi juga mencerminkan tanggung jawab kita terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola yang lebih baik," kata EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa.
Melalui solusi digital OCA, Telkom mendukung perusahaan dan institusi yang ingin memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News