Huawei mengumumkan speaker cerdas terbaru karyanya, bertajuk Huawei AI Speaker di Tiongkok.
Huawei mengumumkan speaker cerdas terbaru karyanya, bertajuk Huawei AI Speaker di Tiongkok.

Huawei Umumkan Speaker AI untuk Tiongkok

Teknologi huawei
Lufthi Anggraeni • 29 Oktober 2018 11:04
Jakarta: Bersamaan dengan acara pengumuman Mate 20 di Tiongkok, Huawei turut mengumumkan produk baru yang ditujukan secara spesifik untuk pasar tersebut.
 
Produk baru ini adalah Huawei AI Speaker, speaker cerdas dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI) dengan tampilan serupa produk Apple, HomePod.
 
Sebelumnya, Huawei juga mengumumkan kehadiran speaker cerdas lainnya pada ajang IFA 2018 di Jerman pada akhir bulan Agustus lalu. Perangkat bertajuk AI Cube ini juga hadir dengan tampilan serupa Google Home, meski sedikit lebih tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, AI Cube untuk pasar Eropa dan didukung oleh asisten digital Amazon Alexa. Sementara itu, AI Speaker didukung oleh asisten suara digital berbahasa Mandarin bernama Xiaoyi. Speaker ini hadir dengan sematan merek Huawei di bagian atas, mendampingi empat tombol fisik.
 
Keempat tombol fisik tersebut memiliki fungsi untuk Mute, meningkatkan dan menurunkan volume, dan untuk panggilan telepon. AI Speaker menggunakan sistem tuning milik Huawei bernama Histen untuk mengadaptasi suara audio yang ada di sekitarnya.
 
Huawei juga berkolaborasi dengan merek audio asal Denmark Dynaudio, dalam pengembangan sistem audio dan akustik. Speaker 10W yang digunakan pada speaker ini berbekal hardware hi-fi 2,25 inci dan didukung enam mikrofon untuk pengenalan suara.
 
Serupa Google Home, speaker Huawei ini juga dapat mengenali perbedaan suara milik anggota rumah dengan menganalisa jejak suara. Menyoal harga, perangkat ini dilaporkan GSM Arena akan ditawarkan dengan harga sebesar USD399 (Rp6 juta).
 
Harga ini tidak jauh berbeda dari Apple HomePod di Amerika Serikat yaitu sekitar USD349 (Rp5,3 juta). Sayangnya, produk ini diperkirakan hanya akan dipasarkan di wilayah Asia, dan peluang untuk tersedia di pasar Amerika Serikat sangat kecil, mengingat kondisi yang dihadapi Huawei.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif