Peluncuran ASUS VivoBook Pro F570. (Medcom.id)
Peluncuran ASUS VivoBook Pro F570. (Medcom.id)

ASUS Gabungkan AMD dan NVIDIA di VivoBook Pro F570

Teknologi asus
Ellavie Ichlasa Amalia • 14 Februari 2019 17:19
Jakarta:ASUS meluncurkan VivoBook Pro F570 di Hard Rock Cafe, Kamis, 14 Februari 2019. Laptop ini masih masuk ke dalam lini konsumen ASUS walau F570 sudah cukup mumpuni untuk digunakan bermain game.
 
Dari segi prosesor, VivoBook Pro F570 tersedia dalam dua varian. Varian pertama menggabungkan AMD Ryzen 7 dengan HDD 1TB dan SATA SSD 256GB, sementara varian kedua menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 Mobile dengan HDD 1TB.
 
Meskipun tidak untuk gamer, ASUS juga melengkapi kedua varian F570 dengan discrete VGA, yaitu NVIDIA GeForce GTX 1050. Jika tidak puas dengan penyimpanan yang ada, Anda bisa upgrade hingga HDD 2TB dan SSD 512GB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


VivoBook Pro F570 yang menggunakan Ryzen 5 dihargai Rp11.799.000, sementara varian Ryzen 7 dihargai Rp13.999.000. Khusus untuk varian Ryzen 7, ASUS bekerja sama dengan JD.ID untuk penjualan secara eksklusif. Sementara varian Ryzen 5 bisa ditemukan di semua jalur penjualan ASUS.
 
ASUS F570 memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Ia memiliki tingkat kecerahan 200 nits dengan 45 persen NTSC. Laptop ini hadir dalam warna yang ASUS sebut sebagai Reaper Black dengan aksen berwarna biru-hijau yang ASUS namai Lightning Edge.
 
Warna biru ini dapat Anda lihat pada bagian belakang laptop VivoBook Pro F570, bagian pinggir lid, dan juga bagian pinggir dari touchpad.
 

 
VivoBook F570 memiliki sedikit sentuhan desain gaming dan spesifikasi yang cukup kuat untuk memainkan game AAA seperti Far Cry 5, walau hanya dengan pengaturan grafis medium. Menariknya, laptop ini tidak masuk ke dalam jajaran laptop gaming ASUS.
 
"Masing-masing lini kami memiliki fitur khasnya. Lini ROG dan TUF untuk gamer hardcore. Mereka memiliki fitur yang mendukung," kata Noteook Country Product Manager, ASUS Indonesia, Jonas Chen saat ditanya mengapa F570 tidak masuk ke lini gaming ASUS.
 
"F570 masuk ke lini VivoBook karena berbeda dengan ROG dan TUF, laptop ini tidak dibuat khusus untuk gamer, tapi untuk konsumen," katanya. F570 tidak memiliki beberapa fitur khusus untuk gamer yang ada pada laptop lini ROG dan Tuff.
 
Lini Ryzen dari AMD memiliki kartu grafis terintegrasi, yaitu Radeon Vega. Namun, VivoBook Pro F570 juga menggunakan kartu grafis discrete NVIDIA, GeForce GTX 1050. Armawati Chen, Consumer BDM, AMD Indonesia meyakinkan bahwa proses penggantian penggunaan Radeon Vega dan GeForce GTX 1050 dapat berjalan dengan lancar.
 
"Ryzen Mobile merupakan APU (Accelerated Processing Unit), yang mengombinasikan CPU dan GPU. Ryzen memiliki Vega, yang memiliki performa kelas kartu grafis. Namun, untuk gaming yang berat, maka diperlukan VGA discrete dengan performa yang lebih tinggi," kata Armawati.
 
"GPU Ryzen 7, Vega 10, sudah dapat digunakan untuk memainkan game esport seperti CS: GO. Tapi, kalau ingin memainkan game yang lebih berat seperti Battlefield 1 dan Far Cry 5, diperlukan VGA tambahan seperti GTX 1050, yang spesifikasi lebih tinggi," ujarnya.
 
Keberadaan Radeon Vega akan tetap menguntungkan karena ia memakan daya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan GTX 1050.
 
Dengan begitu, ketika pengguna tidak tengah bermain game atau membuka aplikasi yang membutuhkan daya komputasi tinggi, maka laptop akan menggunakan Radeon Vega untuk menghemat baterai.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi