Peluncuran solusi Inrate.
Peluncuran solusi Inrate.

Inrate Tawarkan Perhitungan Rating Berbasis Big Data Analytic

Teknologi startup corporate
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Januari 2019 17:40
Jakarta: Perhitungan rating sebuah konten seperti tayangan iklan menjadi hal penting bagi pemegang merek dan agen iklan, terutama stasiun televisi. Saat sebuah stasiun televisi memiliki rating yang bagus maka mereka akan menarik minat pemilik merek untuk beriklan.
 
Belanja iklan di televisi sendiri dikabarkan masih tinggi. Sayangnya, banyak pengiklan yang belum diuntungkan. Penyebabnya sistem monitoring yang ada hanya dalam bentuk laporan bukti tayang tanpa insight mendalam tentang konten iklan mereka.
 
Misalnya, apakah konsumen yang menonton iklan mereka sudah sesuai target? Melihat kondisi tersebut startup lokal bernama Inrate mencoba menyediakan solusi yang menjembatani pengiklan, agen iklan, dan stasiun televisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inrate merupakan solusi sistem rating televisi yang memfasilitasi stasiun televisi, agen iklan, dan pengiklan untuk mendapatkan raw data yang nantinya bisa dipergunakan untuk rujukan dalam menentukan strategi beriklan terbaik.
 
Menggandeng layanan dari UseeTV dari Telkom Indonesia, Inrate mendapatkan raw data yang dioleh dengan konsep big data analytic. Diketahui bahwa UseeTV telah memiliki 2,1 juta pelanggan yang tersebar di 438 kota dan 34 provinsi se-Indonesia.
 
Inrate melakukan perhitungan rating berdasarkan pelanggan UseeTV dengan profiling Helix Persona yang didapatkan dari lembaga penelitian Roy Morgan dan smart profile yang dihasilkan dari kapabilitas big data Metranet.
 
Nantinya, hasil pengolahan data akan disajikan dalam tampilan dashboard di web aplikasi Inrate yang selalu diperbarui real-time. Pengguna yang sudah menjadi pelanggan akan disediakan antarmuka sendiri dengan akun dan kata kunci untuk dapat mengakses informasi yang diinginkan.
 
Pengguna yang sudah menjadi pelanggan akan disediakan antarmuka sendiri dengan akun dan kata kunci untuk dapat mengakses informasi yang diinginkan.
 
Informasi tersebut meliputi Rating, Share dan Jumlah Audience Channel TV dan Program Acara TV secara harian, mingguan maupun bulanan berdasarkan jumlah general audience atau sesuai profile audience tertentu juga akan disediakan.
 
Penggunanya juga bisa Membandingkan TV Rating, Share dan Jumlah Audience saluran televisi berdasarkan slot time dan juga berdasarkan profil tertentu. Inrate juga dapat menganalisis profile penonton di slot waktu berdasarkan profil, dan kecenderungan untuk menonton di Channel TV.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif