Sistem keamanan Google Play Protect memperingati bahwa aplikasi AnTuTu Benchmark bisa mengumpulkan data dan memantau kegiatan penggunanya. (Gizmo China)
Sistem keamanan Google Play Protect memperingati bahwa aplikasi AnTuTu Benchmark bisa mengumpulkan data dan memantau kegiatan penggunanya. (Gizmo China)

Google Blokir Aplikasi AnTuTu di Android

Teknologi teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Juli 2020 16:51
Jakarta: Hilangnya aplikasi AnTuTu Benchmark dair Google Play Store ternyata belum berakhir. Google kini seperti tidak mau aplikasi bisa benar-benar terpasang di smartphone Android.
 
Kini pengguna smartphone Android juga akan menerima peringatan dari sistem keamanan Google Play Protect meskipun aplikasi diunduh dari browser atau layanan di luar Play Store. Padahal sebelumnya cara mengunduh aplikasi semacam ini masih lolos dari pengawasan Google.
 
Dikutip dari GizmoChina, sebelumnya pengguna smartphone Android yang masih bisa menjumpai aplikasi AnTuTu Benchmark di Play Store akan menerima peringatan dari Google Play Protect sebelum mengunduhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peringatan ini menyatakan bahwa aplikasi bisa mengumpulkan data pengguna termasuk tracking atau menelusuri kegiatan pengguna aplikasi. Google jelas menandakan aplikasi AnTuTu Benchmark sebagai aplikasi berbahaya jenis spyware.
 
Google Blokir Aplikasi AnTuTu di Android
 
Saat aplikasi AnTuTu Benchmark pertama kali dihapus oleh Google dari PlayStore alasan bahwa aplikasi ini dideteksi sebagai spyware juga mengemuka. Kini diduga masalah politik dengan stigma bahwa aplikasi buatan Tiongkok mencuri data pengguna masih jadi alasan yang sama.
 
Apabila pengguna smartphone Android mencoba mengunduh aplikasi dari browser, maka saat menuju ke halaman tautan download proses ini akan berhenti dengan halaman merah berisi peringatan tanda bahaya.
 
Sejauh ini pihak Google maupun AnTuTu belum memberikan pernyataan resmi. Kasus ini baru ditemukan saat pengguna akan mengunduh AnTuTu Benchmark versi 8.3.9 dan 8.3.5 sementara di versi 8.3.4 masih aman.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif