Ilustrasi. (Huawei)
Ilustrasi. (Huawei)

Perbanyak Aplikasi Lokal, Komitmen HMS untuk Indonesia

Teknologi huawei aplikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 29 Juli 2020 10:48
Jakarta: Huawei Mobile Services jadi platform layanan baru di semua perangkat Huawei yang bakal menyajikan pengalaman mobile terbaik. Hal ini didukung oleh platform yang sudah disesuaikan dengan kemampuan perangkat Huawei.
 
Meskipun hadir untuk global tapi Huawei Mobile Services (HMS) tetap hadir memenuhi beragam kebutuhan yang berbeda di setiap belahan dunia. Data terbaru dari Huawei disebutkan ada 700 juta perangkat pengguna dan 1,6 juta developer aplikasi yang sudah nyaman di dalam ekosistem HMS.
 
Tentu saja pengalaman terbaik dari HMS ini sudah disesuaikan Huawei untuk pengguna di lokasi yang berbeda, misalnya di Indonesia. Huawei AppGallery yang menjadi pusat distribusi aplikasi di ekosistem HMS kini terus menambah daftar aplikasi lokal di dalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di bulan Juni lalu, Deputy Country Director Huawei Consumer Business Group, Lo Khing Seng menyebutkan sudah ada lebih dari 100 aplikasi lokal yang bergabung ke HMS.
 
"Jadi HMS ini sekarang sudah banyak berkembang, kita dulu awal hanya 73 top apps, kita terus melebarkan partner-partner kita hingga sekarang targetnya 161, dan saat ini sudah lebih dari 100 yang sudah join," tuturnya usai menggelar peluncuran online Huawei P40 Pro dan P40 Pro Plus untuk Indonesia.
 
HMS di Indonesia hadir dengan sudah memetakan aplikasi lokal yang populer dan esensial digunakan oleh pengguna perangkat Huawei di Indonesia. Misalnya, aplikasi perbankan dan keungan, operator telekomunikasi, layanan pemerintah, toko online, dan beragam kategori aplikasi lainnya.
 
Di kategori aplikasi perbankan dan keuangan sudah ada BNI Mobile Banking, BCA Mobile, Dana, Permata Mobile, GO Mobile CIMB Niaga, dan Akulaku. Kemudian di kategori e-commerce hampir semua platform lokal tersedia mulai dari Blbli.com, Matahari, Tokopeida, dan Bukalapak.
 
Di kategori aplikasi operator telekomunikasi sudah ada MyXL, Bima+, My IM3, dan My Telkomsel. Aplikasi kategori travel ada Traveloka, Garuda Indonesia Mobile, dan KASI Access serta dijanjikan terus bertambah termasuk layanan ojek online.
 
Kategori aplikasi media dan agregator sudah diisi oleh media kredibel di Indonesia. Tidak ketinggalan untuk aplikasi layanan pemerintahan sudah ada BPJSTKU dan Info MBKG serta akan terus bertambah seiring kerja sama Huawei dan pemerintah Indonesia.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif