NEWSTICKER
Twitter menyebut ada empat tren baru yang perlu diantisipasi merek selama bulan Ramadan.
Twitter menyebut ada empat tren baru yang perlu diantisipasi merek selama bulan Ramadan.

Twitter Sebut Ada 4 Tren yang Perlu Diantisipasi pada Ramadan 2020

Teknologi teknologi twitter
Lufthi Anggraeni • 19 Februari 2020 19:04
Jakarta: Twitter telah menjadi salah satu platform media sosial yang kini tidak lagi sekadar sebagai medium untuk menyalurkan kreativitas, namun telah meluas menjadi platform untuk mencari informasi dan menjadi ruang percakapan berdasarkan minat yang sama.
 
Percakapan yang hadir di platform berlogo burung biru ini tergolong bervariasi, dan memiliki tren berbeda sesuai dengan momen yang tengah terjadi di kalangan pengguna di pasar berbeda. Di Indonesia, Ramadan menjadi salah satu momen yang selalu ramai diperbincangkan pengguna Twitter Indonesia.
 
“Menjadi tempat berkumpul untuk mencari dan berbagi informasi sesuai minat juga terjadi di Twitter selama bulan Ramadan. Pada bulan ini, kami melihat peningkatan cukup signifikan dari jumlah Tweet yang terkait tiga topik percakapan yaitu makanan konten religi dan hiburan,” Country Industry Head Twitter Indonesia Dwi Adriansyah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya tren umum yang ditemukan selama bulan Ramadan tersebut, Twitter juga menemukan empat tren lain dari analisa yang dilakukannya di Indonesia selama satu tahun terakhir. Empat tren ini diklaim Twitter dapat dimanfaatkan merek untuk kesuksesan aktivasi di Twitter selama Ramadan tahun selanjutnya.
 
Tren tersebut yaitu terkait gaming yang mengalami peningkatan selama dua kali lipat pada hari-hari pertama bulan Ramadan 2019, didorong oleh peningkatan industri esports. Twitter menyebut bahwa 73 persen pengguna Twitter Indonesia merupakan gamer.
 
Tidak hanya game, percakapan terkait dengan hiburan juga disebut Twitter mengalami peningkatan sebesar 25 persen selama Ramadan 2019. Dan 46 persen pengguna Twitter Indonesia melakukan aktivitas di platform ini saat menonton televisi, dengan puncak waktu dari pukul 18:00 hingga tengah malam.
 
Olahraga juga menjadi tren percakapan lain yang ditemukan Twitter selama Ramadan 2019 lalu, dan olahraga yang ramai diperbincangkan pengguna Twitter Tanah Air termasuk sepak bola Liga Inggris, bulutangkis dan MotoGP.
 
Karena Ramadan 2019 juga bertepatan dengan penyelenggaraan Liga Inggris, percakapan menyoal pertandingan ini mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat. Tren lain yaitu Lingkungan Hidup juga ramai diperbincangkan selama Ramadan 2019.
 
Tidak hanya organisasi yang bergerak di ranah lingkungan hidup, Twitter juga menyebut menemukan sejumlah organisasi industri lain juga mengunggah percakapan terkait dengan ranah ini namun tetap relevan dengan momen Ramadan pada tahun lalu.
 
Peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjaga bumi, jelas Twitter, diwakili oleh sebanyak 49 persen pengguna Twitter Indonesia yang mengaku setuju terkait pentingnya partisipasi dan melakukan tindak nyata dalam merawat lingkungan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif