S Pen di Samsung Galaxy Note 20 Series.
S Pen di Samsung Galaxy Note 20 Series.

S Pen di Samsung Galaxy Note 20 Kejar Pengalaman Menulis di Kertas

Teknologi teknologi gadget samsung
Cahyandaru Kuncorojati • 06 Agustus 2020 07:36
Jakarta: Hadir sebagai phablet, Samsung Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra masih tetap berfokus mengembangkan teknologi yang juga ada di S Pen. Misalnya, menyajikan pengalaman terbaik seperti menulis menggunakan pulpen di atas kertas.
 
Hal ini mungkin terdengar sederhana namun kenyataannya tidak demikian. Respon yang lambat antara stylus dengan layar sekaligus teknologi di perangkat akan membuat pengalaman menggunakanya tidak menyenangkan.
 
Akibatnya fungsi stylus yang seharusnya menggantikan kegiatan menulis di atas kertas justru tidak tercapai. Padahal ini adalah fungsi utama dan paling mendasar dari stylus selain fitur canggih lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BACA: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra di Indonesia
 
Bagaimana cara Samsung membuat S Pen semakin mirip seperti menggunakan pulpen untuk menulis di atas kertas? Caranya dengan menurunkan latensi respons dan kemampuan antar komponen teknologi tadi.
 
S Pen di Samsung Galaxy Note 20 Kejar Pengalaman Menulis di Kertas
 
Di pengumuman semalam, S Pen di Samsung Galaxy Note 20 Ultra diklaim punya latensi sangat rendah yaitu 9ms. Efeknya, respons atau pergerakan garis yang dibuat di atas layar mengikuti S Pen akan cepat mengikuti pergerakan stylus.
 
Pengalaman yang disajikan akan hampir sama dengan menulis di atas kertas menggunakan pulpen. Sayangnya latensi yang berbeda disajikan oleh versi Samsung Galaxy Note 20 yang hanya 26ms, dikutip dari Androd Police. Mengapa demikian?
 
Menurut Medcom.id, hal ini tidak terlepas dari refresh rate layar. Samsung Galaxy Note 20 Ultra punya refresh rate 120Hz sehingga respon akan cepat tapi dengan pergerakan yang mulus. Berbeda dari Samsung Galaxy Note 20 yang punya refresh rate 60Hz.
 
S Pen di Samsung Galaxy Note 20 Kejar Pengalaman Menulis di Kertas
 
Perbedaan refresh rate sudah menjadi pengetahuan umum karena bisa ditemukan sejak lama di layar monitor gaming dan kini populer karena sudah diterapkan di layar smartphone khususnya segmen gaming. Medcom.id pernah menulis perbedaan refresh rate 60Hz dan 120Hz di layar smartphone.
 
BACA: Apa Bedanya Layar Smartphone dengan Refresh Rate 60Hz dan 120Hz?
 
Namun dengan penerapan latensi rendah dan refresh rate berbeda di dua Samsung Galaxy Note 20 Series mungkin pengguna tidak akan terlalu menyadari perbedaannya. Perbedaan refresh rate sendiri akan lebih terasa saat bermain game atau menyaksikan konten visual.
 
S Pen di Samsung Galaxy Note 20 Kejar Pengalaman Menulis di Kertas
 
Guratan garis yang Anda tarik menggunakan Samsung S Pen di atas Galaxy Note 20 Series juga semakin halus karena di dukung kemampuan AI based Point Prediction. Teknologi ini bisa memperkirakan titik atau pergerakan dari S Pen di atas layar.
 
BACA: Refresh Rate 90Hz atau 120Hz di Layar Smartphone, Buat Apa?
 
Di IndonesiaSamsung Galaxy Note 20 hadir dengan varian 8/256GB dipatok harga Rp14.499.000. Seri Samsung Galaxy Note 20 Ultra varian 8/256GB di Rp17.999.000 dan 8/512GB dipasang harga Rp19.999.000.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif