NEWSTICKER
Xiaomi melengserkan Huawei sebagai produsen smartphone terbesar ketiga dunia.
Xiaomi melengserkan Huawei sebagai produsen smartphone terbesar ketiga dunia.

Xiaomi Salip Huawei Jadi Produsen Smartphone Terbesar Ketiga

Teknologi teknologi xiaomi
Lufthi Anggraeni • 21 Maret 2020 11:33
Jakarta: Xiaomi berhasil melengserkan Huawei sebagai produsen smartphone terbesar ketiga dunia pada bulan Februari 2020 lalu. Huawei harus lengser dari posisi ketiga setelah hanya mengapalkan 5,5 juta smartphone, lebih sedikit jika dibandingkan dengan Xiaomi.
 
Pada bulan Februari lalu, Xiaomi mengapalkan sebanyak 6 juta smartphone di seluruh dunia. Meskipun demikian, baik Xiaomi maupun Huawei mengalami penurunan jumlah unit smartphone yang dikapalkannya, dengan Xiaomi menurun dari 10 juta unit, dan Huawei dari 12,2 juta unit.
 
Huawei mengapalkan hampir sebanyak 70 persen lebih sedikit unit smartphone pada bulan Februari 2020, jika dibandingkan dengan bulan Februari 2019. Sedangkan unit smartphone yang dikapalkan Xiaomi menurun sekitar 30 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam total 62 juta unit yang dikapalkan selama bulan Februari 2020, terjadi penurunan sebesar 39 persen, jika dibandingkan dengan tahun 2019, seperti laporan GSM Arena. Selama bulan Februari yang sama, Samsung mengapalkan sebanyak hampir 18,2 juta unit smartphone, diikuti Apple sebanyak 10 juta unit iPhone.
 
Huawei mulai kehilangan pasar di luar Tiongkok akibat ponselnya tidak didukung oleh aplikasi dan layanan Google, sedangkan perusahaan seperti Xiaomi secara aktif merilis smartphone dengan harga kompetitif di bawah sejumlah sub-merek miliknya.
 
Sementara itu, penyebaran Covid-19 pada dasarnya menghancurkan pasar Tiongkok pada bulan Februari lalu. Namun, pasar Tiongkok mulai membaik, sedangkan pasar Barat masih belum merasakan efeknya secara penuh.
 
Samsung juga mengalami penurunan terkait dengan sejumlah unit smartphone yang dikapalkannya dari bulan Januari hingga Februari dan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu sekitar 1,9 juta unit, dan dengan persentase sebesar 13 persen.
 
Sebelumnya, pada akhir tahun lalu, Redmi Note 8 Pro berhasil membawa penghargaan bagi Xiaomi. Menurut data firma riset Canalys, Redmi Note 8 Pro masuk dalam daftar 10 smartphone terpopuler di dunia bersama Redmi Note 8.
 
Redmi Note 8 Pro punya spesifikasi lebih tinggi dari saudaranya, sehingga dinilai mendapatkan posisi istimewa. Smartphone ini juga telah punya edisi warna terbaru yaitu Ocean Blue.
 
Berbeda dari warna biru biasanya, Redmi Note 8 Pro Ocean Blue dinilai menyajikan kesan warna laut yang mendalam sekaligus mewah pada sebuah smartphone, terutama untuk kelas terjangkau. Desain warna yang disajikan masih dengan efek gradasi warna.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif