Advan G2, Jawaban Konsumen yang Kepingin iPhone Rp2,5 Juta

Lufthi Anggraeni 15 Februari 2018 17:39 WIB
advan
Advan G2, Jawaban Konsumen yang Kepingin iPhone Rp2,5 Juta
Advan G2 mengusung desain serupa dengan iPhone 6.
Jakarta: Setelah mengumumkan kesiapannya menghadirkan smartphone G2, Advan mengungkapkan alasannya menghadirkan usungan desain perangkat yang serupa dengan Apple iPhone 6 pada smartphone terbarunya tersebut.

"Semua pasti pengen punya Apple, karena mewakili smartphone dengan berbagai fitur dan spesifikasi terbaik, tapi tak semuanya mampu menjangkau harganya yang tinggi. Advan G2 ingin memberikan alternatif yang masih bisa memenuhi kebutuhan perangkat tanpa harus merogoh kantong dalam," ujar Product Specialist and Training Development Advan Edi Supartono.

Advan G2 hadir dengan desain tombol Home serta bodi depan dan belakang serupa dengan iPhone 6. Disinggung soal kekhawatiran akan mendapat tuntutan hukum dari pihak Apple terkait kemiripan desain, Advan mengaku tidak khawatir.


Laki-laki yang akrab disapa Edi ini menyebut desain yang diusung G2 tidak sepenuhnya serupa iPhone 6, sebab Advan G2 memiliki fungsi tombol yang berbeda serta sudut lebih tegas, sementara iPhone 6 hadir dengan bodi bersudut lebih membulat. Selain sebagai tombol Home, tombol tersebut juga berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari.

Selain itu, Advan juga mengunggulkan fitur Advan Secure, software keamanan hasil pengembangan Indonesia Operating System (IDOS) karyanya. Versi terbaru Advan Secure ini diklaim dilengkapi dengan fitur Face ID, Front Finger Print, Super Apps Lock, dan Anti Theft.

Sejumlah fitur yang diusung Advan G2 juga dimiliki oleh smartphone pendahulunya yang resmi diluncurkan pada bulan Oktober lalu, Advan A8. Sistem keamanan tersebut memungkinkan pengguna mengunci aplikasi dengan menggunakan tanda tangan sebagai kode pembuka kunci.

Edi juga menjelaskan bahwa sistem di Advan G2 akan merekam tanda tangan pengguna sebanyak dua kali sebagai opsi untuk otentikasi goresan.

Seluruh fitur perlindungan berlapis tersebut diklaim akan mempersulit penjahat dalam mengakses informasi penting di ponsel, namun tersimpan di akun, sehingga jika akun dihapus, maka pengaturan pada sistem juga akan hilang.

Advan G2 hadir dengan dukungan prosesor octa-core 1,5GHz, RAM 3GB, ruang penyimpanan 32GB dan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Selain itu, Advan juga membekali G2 dengan kamera belakang 13MP dan kamera depan 16MP yang diklaim mampu menghadirkan hasil foto dengan tampilan alami dan detil lebih baik. Ponsel ini ditawarkan seharga Rp2.499.000.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.