Laporan tersebut menunjukkan bahwa di kawasan APAC, Android masih menjadi sistem operasi favorit dengan pangsa pasar sebear 67,1 persen. Sebaliknya, iOS hanya memiliki pangsa pasar sekitar 2,5 persen. Pangsa pasar sebesar 30,4 persen dikuasai oleh kategori lain-lain dan feature phone.
Sementara itu, di Australia, iOS justru mendominasi dengan pangsa pasar 68,5 persen, diikuti dengan Android dengan pangsa pasar 30,7 persen dan feature phone hanya digunakan oleh 1 persen pengguna ponsel.
Dalam laporan ini, konsumen mobile terbagi menjadi 4 segmen: Savvy Shoppers, High-tech Enthusiasts, Travelers dan Gamers. Di Indonesia, segmen konsumen mobile paling besar adalah pada segmen Savvy Shoppers dan Travelers.
Selain Indonesia, India, Malaysia dan Vietnam juga menunjukkan prosentase Savvy Shoppers yang cukup tinggi. Untuk berbelanja, situs e-commerce favorit masih situs-situs lokal seperti Tokopedia, OLX, Lelong dan Chợ Tốt.

Sementara dalam hal impresi iklan video, Australia berada di posisi paling atas dengan 19 persen. Jepang berada di posisi kedua dengan rasio 15 persen dan Indonesia di posisi ketiga dengan rasio 10 persen.
"Pada smartphone, Anda dapat membuat iklan video yang efektif untuk menarik perhatian masyarakat, dan juga untuk menjalin keterikatan dengan para penonton. Pada akhirnya, mengubah para penonton menjadi konsumen mobile," kata Vikas Gulati, Managing Director untuk Asia, di Opera Mediaworks.
"Karena itulah, pada negara dengan paparan video tinggi, seperti Australia, para pengiklan dapat menggunakan kampanye rich-media untuk mendapatkan hasil yang maksimal."

Tingginya rasio impresi iklan di Indonesia menunjukkan bahwa iklan video memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan di Indonesia. Meskipun begitu, di Indonesia, rasio pengguna feature phone juga masih cukup tinggi. Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pengiklan untuk melakukan monetisasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id