Facebook memutuskan untuk menghapus tombol IGTV dari halaman utama aplikasi Instagram.
Facebook memutuskan untuk menghapus tombol IGTV dari halaman utama aplikasi Instagram.

Instagram Hapus Tombol IGTV

Teknologi media sosial teknologi facebook instagram
Lufthi Anggraeni • 20 Januari 2020 12:33
Jakarta: Instagram telah menghadirkan sejumlah upayanya dalam meningkatkan penggunaan platform IGTV, termasuk dengan menyematkan ikon fitur tersebut di atas feed akun Instagram pengguna di aplikasi.
 
Sayangnya, tombol IGTV ini dinilai kurang mampu mendorong pengguna untuk lebih sering menggunakan fitur tersebut. Dan kini, Facebook memutuskan untuk menghapus tombol tersebut dari halaman awal.
 
Seperti laporan TechCrunch, pengguna tidak lagi akan menemukan logo iGTV di atas feed halaman akun Instagram. Facebook menyebut pengguna lebih sering menemukan konten IGTV melalui konten di feed, pada aplikasi IGTV mandiri dan melalui tab Explore.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Facebook menyebut bahwa perusahaannya menargetkan untuk menjaga Instagram sesederhana mungkin, namun tidak menutup peluang menyematkan konten lain di feed utama saat sudah berhasil seperti Instagram Stories.
 
Saat ini, aplikasi mandiri IGTV diadopsi sedikit pengguna Instagram. Dari lebih dari satu miliar pengguna Instagram, hanya sekitar tujuh juta pengguna telah mengunduh aplikasi IGTV sejak diluncurkan pada 18 bulan lalu.
 
Sebagai perbandingan, TikTok telah diunduh sebanyak 1,15 miliar kali dalam periode yang sama. Sebelumnya, kabar terbaru dari Instagram ternyata secara diam-diam mereka telah menambahkan fitur baru berupa efek tambahan di mode video Boomerang.
 
Kabar ini disampaikan Instagram melalui akun resmi Twitter milik media sosial tersebut. Dengan fitur ini, pengguna disebut dapat berbagi video Boomerang dengan efek SloMo, Echo, dan Duo, efek baru yang bisa ditemukan setelah pengguna Instagram merekam video dengan efek Boomerang.
 
Jadi, melalui mode Instagram Stories, pengguna harus terlebih dahulu merekam video dengan mode Boomerang. Kemudian sebelum mengunggahnya alias di tahap penyuntingan atau editing akan ditemukan ikon baru menyerupai ikon Boomerang di deretan atas layar.
 
Sementara itu pada bulan Desember 2019 lalu, Instagram juga mengumumkan mode baru bernama Layout yang bisa ditemukan di Instagram Stories. Mode Layout merupakan salah satu opsi mode terbaru di Instagram Stories, memungkinkan pengguna mengunggah foto berbentuk kolase terdiri lebih dari satu foto.
 
Konten Instagram Stories berbentuk kolase sebetulnya bukan hal baru. Banyak pengguna yang selama ini mengunggah foto kolase tapi memanfaatkan aplikasi editting atau penyuntingan di luar Instagram.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif