Asus Expertbook B9450
Asus Expertbook B9450

ASUS Refresh 2020

Kesan Memegang Laptop Teringan Asus ExpertBook B9450

Teknologi teknologi asus hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 17 Januari 2020 10:33
Taipei: Dalam ajang CES 2020 yang digelar awal bulan ini, Asus mengumumkan sejumlah produk baru yang akan menjadi lini utama tahun 2020.
 
Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah ExpertBook B9450. Jika Anda belum mengetahuinya, ExpertBook merupakan penamaan baru dari ASUSPRO, yang menyasar segmen profesional dengan mobilitas tinggi.
 
Dalam acara Asus Refresh 2020, sejumlah wartawan Asia Pasifik diajak untuk menjajal laptop ini. Dalam presentasinya, ExpertBook B9450 diklaim sebagai notebook paling ringan yang pernah tercipta saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Klaim tersebut benar adanya. Kami berkesempatan untuk memegang laptop tersebut, dan benar saja bahwa bobotnya sangat ringan sehingga seperti membawa buku catatan kecil dengan satu tangan.
 
Asus menyebutkan bobotnya sekitar 870 gram. Saat kami timbang, ExpertBook B9450 memrlihatkan bobot 855 gram. Ini memang sudah sangat ringan untuk sebuah laptop. Asus mengatakan bahwa mereka terinspirasi dari gaya kerja manusia saat ini yang tidak terikat pada satu lingkungan kerja. Asus menyebut mereka sebagai ‘Business Nomads’.
 
Kesan Memegang Laptop Teringan Asus ExpertBook B9450
 
Salah satu tantangan mereka dalam menciptakan laptop ini adalah mencari material yang tepat. “Kami menggunakan magnesium lithium alloy, 16 persen lebih ringan dan 38 persen lebih kuat dari magnesium aluminium alloy,” ungkap perwakilan Asus.
 
Magnesium aluminium alloy merupakan material standar yang dipakai laptop pada umumnya. Selain kuat dan ringan, ia juga bisa menghantarkan panas cukup baik.
 
Asus mengaku material pada ExpertBook B9450 ini tidak mudah diproduksi karena tidak stabil dan mudah terbakar. Oleh karena itu, mereka melakukan 20 tahap produksi untuk penutup layar, dan 21 tahap untuk bodi bawah.
 
Ditambah dengan sentuhan matte sekaligus glossy, laptop ini memberikan kesan memegang pasir saat kami menggerakkan tangan.
 
Kesan Memegang Laptop Teringan Asus ExpertBook B9450
 
Poin penting lain yang Asus tunjukkan pada ExpertBook B9450 adalah dimensinya yang setara dengan kertas A4, setebal baterai AA, tanpa mengurangi daya tahan pada port yang terpasang. Daya tahannya juga dipastikan kuat karena sudah memenuhi pengujian standar militer.
 
Mereka memperkuatnya dengan pengait tambahan untuk memastikan penggunaan hingga ribuan kali. Notebook ini sudah mengadopsi prosesor Intel generasi ke-10, penyimpanan M.2 hingga 4TB, dan daya baterai dengan produktivitas hingga 10 jam. Untuk antarmukanya, ia sudah menyediakan dua port Thunderbolt 3 dan konektivitas WiFi 6.
 
Asus Indonesia memastikan ExpertBook B9540 masuk Indonesia, dengan harga dan tanggal peluncuran yang belum ada.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif