Xiaomi mendaftarkan paten desain ponsel lipat kepada EU Intellectual Property Office.
Xiaomi mendaftarkan paten desain ponsel lipat kepada EU Intellectual Property Office.

Ponsel Lipat Xiaomi Punya Tiga Kamera?

Teknologi xiaomi
Lufthi Anggraeni • 14 Agustus 2019 10:05
Jakarta: Xiaomi mendaftarkan dokumen paten desain ponsel lipat kepada EU Intellectual Property Office, menampilkan desain berkemampuan dilipat sebanyak dua kali serupa tren yang saat ini tengah berkembang.
 
Dokumen paten desain ini juga menampilkan dukungan tiga kamera di bagian belakang ponsel tersebut, seperti laporan GSM Arena. Xiaomi juga mengunggah sebanyak dua video terkait perangkat lipat ini.
 
Video tersebut menampilkan cara ponsel terlipat menjadi tiga segmen, yaitu bagian kiri dan kanan yang dapat dilipat ke belakang bagian tengah. Namun saat terlipat, kedua bagian tersebut akan menutupi kamera belakang ponsel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Video ini tidak menampilkan cara kerja lain untuk ponsel lipat pertama karya Xiaomi ini. Hal ini akan menyulitkan untuk memanfaatkan kamera belakang sebagai pendukung fitur privasi, sehingga kamera depan perangkat ini diperkirakan akan tersedia dalam posisi terbuka.
 
Namun, pemanfaatan kamera belakang sebagai pendukung fitur privasi akan dimungkinkan jika Xiaomi menghadirkan modul kamera pop-up pada ponsel lipat ini. Modul tersebut menjadi salah satu fitur yang diduga kuat akan membekali ponsel ini sebab gambar pada dokumen paten juga tidak menampilkan sematan kamera depan pada bagian layar.
 
Pada bocoran gambar tidak resmi, perangkat ini ditampilkan mengusung layar belakang sekunder yang tercipta oleh dua segmen yang terlipat, meski keduanya menutupi kamera belakang ponsel Xiaomi ini.
 
Informasi yang beredar di internet menyebut bahwa Xiaomi berencana untuk meluncurkan ponsel lipat pertamanya pada kuartal dua tahun 2019, dengan penawaran harga separuh dari harga Samsung Galaxy Fold.
 
Namun, setelah Samsung menarik kembali unit review untuk media dan menunda peluncuran ponsel lipat karyanya ini, semua produsen yang menjanjikan ponsel lipat termasuk Huawei, turut bungkam dan enggan memberikan informasi terkait perangkat karya mereka.
 
Hingga saat ini, baik Samsung, Huawei maupun Xiaomi masih belum mengumumkan tanggal pasti peluncuran ponsel cerdas berdesain lipat karya mereka tersebut. Namun agaknya, Xiaomi saat ini lebih terfokus pada versi baru dari ponsel cerdas unggulan terbarunya, Mi 9.
 
Laporan terbaru mengklarifikasi bahwa perangkat dengan nomor model M1908F1XE yang mendapatkan sertifikasi di Tiongkok sebagai Xiaomi Mi 9 versi 5G. Tipster Xiaomi bernama Xiaomishka menyebut bahwa sumber terpercaya telah mengonfirmasi perangkat tersebut merupakan versi revisi dari Mi 9.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif