Seagate Rilis Keluarga HDD Kapasitas 14TB
Keluarga terbaru HDD Seagate kapasitas 14TB
Jakarta: Seagate mendobrak batasan HDD yang selama ini di kapasitas 12TB, dengan merilis keluarga produk terbarunya yang berkapasitas 14TB.

Dikutip dari WCCFTech, Seagate menghadirkan kapasitas terbesar tersebut ke jajaran produk di beragam segmen, mulai dari seri IronWolf, IronWolf Pro, BarraCuda Pro, SkyHawk, Exos X14.

"Perlindungan dan manajemen data kini bukan semata-mata tanggung jawab departemen IT, tapi juga pemilik bisnis, profesional, konten kreator dan gamer," jelas SVP Devices Seagate Matt Rutledge.


Seri IronWolf dan IronWolf Pro untuk kebutuhan HDD pada sistem network attached storage atau NAS yang turut hadir dengan dukungan RAID, dual-plane balance, sensor rotational vibration serta error recovery control yang digandeng produsen NAS Synology.

Untuk seri BarraCuda Pro, ditujukan bagi pengguna kalangan desktop PC baik profesional maupun personal seperti gamer karena hadir sebagai solusi perangkat penyimpanan data jenis direct attached storage (DAS).

Piringan disk BarraCuda Pro yang berputar hingga 7200 RPM diklaim bisa menyajikan kecepatan transfer data hinga 250MBps yang diklaim bisa mendukung proses pengolahan video kualitas 8K atau jenis data lainnya yang berukuran besar.

Sementara seri SkyHawk untuk dukungan industri perangkat pengawas keamanan atau surveillance yang membutuhkan penyimpanan data berkapasitas besar untuk menyimpan video resolusi tinggi serta software analisa.

SkyHawk 14TB diklaim Seagate mampu menyimpan video resolusi HD berdurasi 9.000 jam serta menghubungkan 64 unit kamera beresolusi HD. Seri Skyhawk cocok digunakan pada produk DVR dan NVR.

Kemudian seri Exos lebih ditujukan untuk kebutuhan pusat data kelas hyperscale yang memiliki konsumsi daya lebih rendah tapi kapasitas dan performa yang lebih besar dan baik.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.