Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kantongi Izin, Indosat Segera Gelar 5G di Indonesia

Teknologi teknologi Indosat Ooredoo telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Juni 2021 10:01
Jakarta: Operator seluler yang menggelar 5G di Indonesia bukan hanya Telkomsel. Kini Indosat Ooredoo juga bakal menyusul dalam waktu dekat untuk menyediakan 5G di sejumlah lokasi seluruh Indonesia.
 
Kemarin, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah merilis Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G kepada Indosat Ooredoo berdasarkan pengujian yang berlangsung pada 3-4 Juni 2021. Indosat Ooredoo resmi menjadi operator seluler kedua yang melakukan komersialisi 5G di Indonesia.
 
“Hari ini, Indosat juga telah berhasil menjadi operator telekomunikasi berikutnya yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi atau SKLO untuk komersialisasi layanan 5G,” ujar Menkominfo Johnny G. Plate.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dengan diterbitkannya SKLO 5G ini menandakan bahwa seluruh sarana dan prasarana untuk penggelaran jaringan 5G yang telah selesai dibangun oleh PT. Indosat Tbk, secara teknis siap dioperasikan. Khususnya akan dilakukan pada pita frekuensi 1.800Mhz atau 1,8Ghz dengan lebar pita 20Mhz dalam rentang 1837,5 sampai 1857,5Mhz.”
 
CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama menyabut baik keputusan dari Kemenkominfo. Dia menjamin perusahaannya akan menyediakan beragam manfaat dari kehadiran layanan 5G bagi masyarakat khususnya di bidang ekonomi.
 
“Kami akan memastikan hadirnya layanan 5G akan bermanfaat bagi masyarakat dan berdampak terhadap pemulihan ekonomi. Kami percaya Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara dan teknologi 5G akan memainkan peran yang sangat penting dalam langkah maju ini,” tuturnya.
 
Informasi dari Indosat Ooredoo menyebutkan sejumlah lokasi mulai dari Jakarta, Solo, Surabaya, dan Makassar namun tidak dirinci titik sebaran layanan 5G seperti yang dilakukan Telkomsel pada sejumlah titik di Jakarta.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif