Game Tom Clancy's Rainbow Six Siege.
Game Tom Clancy's Rainbow Six Siege.

NVIDIA DLSS Dukung Tom Clancy’s Rainbow Six Siege, Begini Performanya

Teknologi teknologi nvidia hardware geforce rtx vga
Cahyandaru Kuncorojati • 24 Juni 2021 18:03
Jakarta: Game Tom Clancy’s Rainbow Six Siege dari Ubisoft merupakan salah satu game tactical first person shooter yang cukup populer. Game ini diklaim sudah dimainkan lebih dari 70 juta pemain di seluruh dunia dan ekosistem turnamen atau esports yang besar dan diselenggarakan setiap tahun.
 
NVIDIA bekerja sama dengan Ubisoft beberapa waktu lalu sudah merilis dukungan teknologi NVIDIA Reflex. Teknologi tersebut membuat latensi sistem dari perangkat gaming yang digunakan sangat rendah sehingga membuat kontrol dan game semakin responsif.
 
Kini tidak hanya gameplay yang semakin akurat tapi kualitas grafis di Tom Clancy’s Rainbow Six Siege juga bakal semakin memanjakan mata terutama gamer yang sangat memperhatikan kontrol responsif tadi. NVIDIA mengumumkan kehadiran teknologi NVIDIA DLSS (Deep Learning Super Sampling) ke game ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


NVIDIA DLSS adalah teknologi AI atau berbasis kecerdasan buatan yang memanfaatkan Tensor Core AI di dalam GPU kartu grafis NVIDIA GeForce RTX Series. Kemampuan yang dihadirkan mampu menghasilkan kualitas grafis yang semakin tajam di resolusi gambar yang lebih besar dibandingkan native resolution.
 
Bagaimana NVIDIA DLSS bekerja? Teknologi ini mengandalkan kemampuan algoritma resolusi super berbasis AI yang diakselerasi oleh Tensor Core di GPU. Resolusi super di sini adalah proses untuk memprediksi output gambar resolusi 4K yang berasal dari resolusi lebih rendah misalnya 1080p alias upscaling.
 
Resolusi 1080p memiliki dua juta piksel sementara resolusi 4K adalah 8,2 juta piksel. Di sini kemampuan algoritma AI di NVIDIA DLSS bertugas memprediksi selisih jumlah piksel di antara keduanya untuk menghasilkan resolusi 4K yang lebih baik.
 
Tentu saja kemampuan algoritma AI bekerja dengan mempelajari atau mengolah data yang dikumpulkan dari game engine. Makanya NVIDIA bekerja sama dengan developer game menyediakan dukungan NVIDIA DLSS untuk bisa digunakan di semua game.
 
Kemampuan AI akan mengolah data input berupa gambar atau grafis game di resolusi rendah atau aslinya (native), motion vector atau bagian yang bergerak di dalam game untuk bisa mengetahui area grafis di dalam game yang bergerak frame-to-frame dalam hal ini untuk bisa meningkatkan angka frame rate (fps), dan terakhir adalah data dari resolusi tinggi itu sendiri.
 
Kemampuan AI di NVIDIA DLSS akan mempelajari data berukuran besar resolusi grafis setinggi 16K. Hasil atau outputnya adalah sebuah grafis game bisa disajikan di resolusi lebih tinggi dari aslinya (native) sekaligus frame rate yang lebih tinggi tapi stabil di tengah gameplay.
 
NVIDIA DLSS Dukung Tom Clancy’s Rainbow Six Siege, Begini Performanya
 
NVIDIA mengklaim bahwa performa grafis di dalam game bisa meningkatkan hingga 50 persen di resolusi 4K. Hal ini memungkinkan sebuah game dengan resolusi 4K bisa memiliki frame rate hingga lebih dari 100fps.
 
Jadi pemain bisa menikmati kualitas grafis yang lebih tajam dan memanjakan mata di 4K sekaligus frame rate sangat tinggi. Gamer di genre FPS bisa mendapatkan gameplay yang responsif sekaligus grafis mengagumkan.
 
Fitur dukungan NVIDIA DLSS tersedia di game Rainbow Six Siege pada pengaturan grafis ke versi Vulkan. Cara mengaktifkannya sangat mudah. Di pengaturan grafis game cukup aktifkan fitur NVIDIA DLSS dan pilih kualitas resolusi yang diinginkan. Di bagian ini gamer juga bisa mengaktifkan fitur NVIDIA Reflex.
 

 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif