WatchOS Segera Dukung Tampilan Karya Pihak Ketiga?
Versi beta terbaru watchOS mengindikasikan Apple akan menghadirkan dukungan kustomisasi tampilan wajah perangkat.
Jakarta: Versi beta terbaru watchOS mengindikasikan dukungan untuk mengembang pihak ketiga akan hadir dalam aspek tertentu.

Sejak diluncurkan pada tahun 2015 lalu, Apple hampir membatasi kustomisasi yang dapat dilakukan oleh pihak ketiga secara keseluruhan. Namun, hal tersebut dilaporkan berubah pada NanoTimeKit milik mereka.

NanoTimeKit bertanggung jawab untuk berbagai fitur, di antaranya adalah tampilan wajah konfigurasi perangkat wearable yang disebut akan dapat dikustomisasi. Hingga saat ini, pemilik Apple Watch hanya dapat memilih dari sejumlah pilihan yang diciptakan oleh Apple atau hasil kolaborasi dengan Disney.


Sebagai bagian dari watchOS 4.3.1 beta, Apple akhirnya membuka pintu akses untuk konfigurasi tampilan wajah perangkat untuk pengembang. Hal ini disebabkan oleh baris baru untuk kode yang menampilkan server alat pengembangan NanoTimeKit, meski hingga saat ini, server masih belum dapat diakses.

Menariknya, meski pesan yang menyatakan bahwa "baris ini lokasi konfigurasi tampilan wajah pihak ketiga bundle generasi akan ditempatkan" mendampingi baris kode, hal ini mengindikasikan dukungan pihak ketiga yang akan segera tersedia di pihak ketiga.

Dengan demikian, pengembang selain Apple akan dapat memulai pekerjaan mereka untuk melakukan personalisasi tampilan wajah perangkat pengguna sistem operasi watchOS.

Apple masih belum secara resmi mengonfirmasi dukungan baru untuk pengembang ini, mengingat baris baru kode tersebut masih dalam fase pertimbangan.

Apple bisa saja memilih untuk menghapus ide ini sebelum resmi dirilis, namun jika Apple memutuskan sebaliknya, dukungan ini akan diperkirakan akan diumumkan pada ajang konferensi pengembang WWD tahunan, yang akan dimulai pada 4 Juni mendatang.

Sebelumnya, Apple merilis kebijakan layanan baru terkait dengan Apple Watch Series 2, menyebut bahwa perusahaannya akan memperbaiki baterai yang membengkak secara gratis.

Perbaikan gratis ini hanya berlaku untuk Series 2 Apple Watch dengan varian 42mm dan termasuk seluruh model dari jam tangan ini.



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.