Booking.com menyebut konsumen Indonesia gemar melakukan pemesanan layanan perjalanan di menit terakhir.
Booking.com menyebut konsumen Indonesia gemar melakukan pemesanan layanan perjalanan di menit terakhir.

Konsumen Indonesia Gemar Pesan di Menit Terakhir

Teknologi teknologi
Lufthi Anggraeni • 28 September 2018 13:18
Jakarta: Telah berkecimpung selama 21 tahun di bidang layanan perjalanan, Booking.com mengaku menemukan sejumlah perilaku menarik dari pengguna layanannya, tidak terkecuali di Indonesia.
 
Menurutnya, konsumen di Indonesia gemar melakukan pemesanan pada saat-saat terakhir.
 
"Pasar Indonesia unik, juga karena pertumbuhan generasi muda, serta merupakan pasar yang tergolong masih muda. Selain itu, pertumbuhan adopsi smartphone untuk melakukan berbagai aktivitas termasuk pemesanan layanan perjalanan, konsumen Indonesia sering memesan di menit terakhir," ujar CMO Global Booking.com Pepijn.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara lebih jauh, Pepijn menjelaskan, berdasarkan survei yang dilakukan Booking, sebanyak lebih dari 50 persen konsumen di Indonesia melakukan pemesanan layanan perjalanan dengan waktu keberangkatan di hari yang sama.
 
Tidak hanya pemesanan di menit terakhir, perilaku unik konsumen Indonesia juga disebut Pepijn terlihat dari intensi mereka saat melakukan pemesanan layanan perjalanan.
 
Berbeda dengan konsumen di negara lain yang memilih beristirahat di lokasi tujuan, konsumen Indonesia umumnya mempersiapkan banyak kegiatan dalam perjalanan mereka.
 
Selain itu umumnya, konsumen Indonesia melakukan pemesanan layanan perjalanan tidak hanya untuk satu atau dua orang, sebab aktivitas perjalanan dilakukan bersama keluarga.
 
Sementara itu, kemudahan memesan dan membatalkan pemesanan tanpa biaya tambahan, turut disebut Pepijn menimbulkan perilaku unik lain, yaitu memesan dua penginapan dan membatalkan salah satunya setelah melihat lokasi secara langsung.
 
Perilaku unik lain juga ditemukan Booking di sejumlah kota besar di Indonesia, terutama di Jakarta. Pepijn menyebut tingkat pemesanan hotel di kota besar mengalami peningkatan cukup signifikan saat terjadi kemacetan panjang atau hujan.
 
Hal ini mengindikasikan bahwa konsumen lebih memilih untuk menginap di hotel, ketimbang menghabiskan waktu di perjalanan pulang ke rumah masing-masing.
 
Perilaku unik ini juga dinilai Booking.com menjadi salah satu pendorong pertumbuhan penyedia jasa penginapan lokal di Indonesia. Pertumbuhan tersebut turut menghadirkan pilihan penginapan dengan harga terjangkau, memudahkan konsumen mengambil keputusan dalam memesan hotel.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif