Ilustrasi.
Ilustrasi.

JUMO Ingin Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Teknologi startup fintech
Ellavie Ichlasa Amalia • 22 Mei 2019 15:25
Jakarta:Sebanyak 50 persen orang dewasa di Indonesia masih belum mendapatkan akses ke layanan finansial. Ini menjadikan Indonesia sebagai negara keempat dengan jumlah populasi yang belum mendapatkan akses ke produk finansial, menurut indeks inklusi keuangan global Bank Dunia.
 
Inilah yang mendorong JUMO, startup teknologi finansial, tertarik untuk beroperasi di Indoneisa. Sejauh ini, mereka telah beroperasi di Afrika dan Asia. Produk finansial yang mereka berikan seperti kredit, tabungan, dan asuransi.
 
"Kami memiliki pengalaman dalam membantu pelanggan kami memanfaatkan jejak digital untuk mengakses layanan finansial yang sesuai dengan kebutuhan mereka," kata CEO Jumo, Andrew Watkins-Ball. "Lebih dari dua pertiga pelanggan kami adalah UMKM dan baru mengenal kredit."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Watkins-Ball menjelaskan, JUMO akan membuat model risiko pelanggan dan mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk menyediakan layanannya, JUMO juga bekerja sama dengan bank dan operator seluler.
 
"Teknologi platform kami menghilangkan hambatan biaya operasional dan risiko yang biasanya dikaitkan dengan pembiayaan tradisional," kata Watkins-Ball.
 
"Selain itu, model kami juga memungkinkan pelanggan serta mitra memperoleh nilai tambah berupa harga yang lebih rendah dan meningkatnya kelayakan. Model biaya kami memberikan insentif untuk biaya pinjaman serendah mungkin dan pengembalian tertinggi."
 
Watkins-Ball menyebutkan, JUMO kini mengoperasikan infrastruktur cloud banking end-to-end dengan layanan seperti penilaian, prospek pertumbuhan kelyakan finansial pelanggan, pengaturan likuiditas, dan lain sebagainya.
 
"Platform layanan finansial skala besar dan rendah biaya milik JUMO didukung oleh data perilaku," ujar Watkins-Ball. "Model kami menghilangkan hambatan biaya dan meningkatkan efisiensi ekonomi, memberikan nilai yang lebih bagi ekosistem."
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif