Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kecanduan Game Diakui WHO

Teknologi games
Ellavie Ichlasa Amalia • 27 Mei 2019 10:45
Jakarta:Gaming disorder, yang merupakan kecanduan game, resmi diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Sabtu.
 
Setelah proses revisi International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems (ICD-11) berlangsung selama satu setengah tahun, semua negara anggota WHO setuju untuk mengesahkan ICD-11, yang menyertakan gaming disorder. Revisi baru ini akan berlaku mulai 1 Januari 2022, lapor Mashable.
 
Dalam ICD-11, gaming disorder dinyatakan sebagai masalah karena penggunaan sebuah zat atau tindakan kecanduan, sama seperti alkoholisme dan candu judi. Satu hal yang harus diingat, orang yang menghabiskan waktu lama untuk bermain game tidak serta merta dinyatakan memiliki gaming disorder.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokter John Jiao menjelaskan tentang gaming disorder dalam sebuah Twitter thread. Dia menyebutkan, gaming disorder tidak ditentukan berdasarkan lama waktu seseorang bermain, tapi seseorang terus bermain game, bahkan ketika hal itu mengacaukan aspek hidupnya yang lain.
 
"Gaming disorder tidak terkait dengan lama waktu bermain. Gaming disorder adalah ketika bermain game menjadi lebih utama daripada kesehatan, kebersihan, hubungan, dan keuangan seseorang," kata Jiao.
 
Ada banyak orang yang memilih untuk bermain game sebagai pelepas stres setelah bekerja dan menghabiskan waktu di dalam rumah daripada pergi bersama teman. Sesekali, mereka juga lupa makan karena terlalu fokus pada bermain. Ini bukan masalah jika hanya terjadi sesekali. Namun, jika perilaku ini berlangsung selama 12 bulan, mungkin orang itu terkena gaming disorder.
 
Jiao menyebutkan, ada banyak orang yang menjadikan bermain game sebagai pekerjaan, seperti atlet esports profesional atau streamer. Gamer hardcore juga bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Namun, jika mereka masih memiliki kehidupan biasa di luar itu, maka mereka tidak memiliki gaming disorder.
 
Pentingnya gaming disorder diakui adalah tentang penanganan masalah tersebut bagi orang yang mengalaminya. Jika ada orang yang memenuhi kriteria gaming disorder, maka mereka akan dapat membayar terapi dengan asuransi jika gaming disorder diakui WHO.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif