Salah satu gambar pada dokumen paten Facebook.
Salah satu gambar pada dokumen paten Facebook.

Facebook Patenkan Desain Drone Layang-Layang

Teknologi media sosial facebook drone
Ellavie Ichlasa Amalia • 31 Mei 2019 11:11
Jakarta:Facebook mendaftarkan paten untuk drone unik yang akan menggunakan layang-layang agar tetap bisa melayang.
 
"Pesawat dua layang-layang" memiliki dua layang-layang yang saling terhubung dan terbang pada ketinggian yang berbeda. Masing-masing layangan bisa diarahkan secara mandiri dan drone bisa menciptakan energi sendiri agar bisa terbang lebih lama.
 
Namun, Facebook baru mendaftarkan paten dari teknologi ini. Itu tidak menjamin perusahaan media sosial itu pasti akan membuat dan meluncurkan produk tersebut ke masyarakat. Namun, ini menunjukkan adanya ketertarikan Facebook untuk mengembangkan drone bahkan setelah mereka memutuskan untuk menghentikan pengembangan proyek drone Aquila.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Paten ini Facebook daftarkan pada November 2018, lapor The Verge. Dalam dokumen paten, disebutkan bahwa drone layangan akan memberikan performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan drone yang dengan desain pesawat atau helikopter. Drone layangan akan memiliki bobot lebih ringan, harga lebih murah, dan ukuran yang lebih kecil untuk bisa menerbangkan drone dalam waktu lama.
 
Facebook Patenkan Desain Drone Layang-Layang
 
Meskipun begitu, ukuran dari drone ini tetap cukup besar karena Facebook sempat membahas tentang tambatan sepanjang satu kilometer. Armada drone layangan bisa dioperasikan dari tanah dan drone dapat membuat energi menggunakan panel surya atau gerakan tambatannya.
 
Desain drone dalam paten ini jauh berbeda dari prototipe drone yang Facebook buat selama ini. Meskipun begitu, kemungkinan, tujuan dari drone tersebut tetap sama, yaitu menyediakan internet di kawasan terpencil.
 
Misalnya, Aquila adalah pesawat bersayap berbobot 408 kilogram yang terbuat dari serat karbon. Saat diuji pada 2016, ada kabar baik dan buruk dari pengujian Aquila.Drone pada paten Facebook kali ini lebih menyerupai balon pada program Loon dari perusahaan induk Google, Alphabet.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif