YouTube mengumumkan sejumlah metode monetisasi baru untuk kreator di platformnya.
YouTube mengumumkan sejumlah metode monetisasi baru untuk kreator di platformnya.

YouTube Tambah Peluang Kreator Hasilkan Uang

Teknologi youtube
Lufthi Anggraeni • 12 Juli 2019 10:02
Jakarta: Di ajang VidCon, YouTube mengumumkan kehadiran lebih banyak cara bagi kreator untuk terhubung dengan penggemar dan menghasilkan pendapatan. Pada tahun lalu, YouTube memanfaatkan ajang ini untuk meluncurkan produk baru termasuk berlangganan saluran.
 
Kali ini, YouTube mengumumkan fitur baru penerus fitur yang telah tersedia di platformnya, serta memperkenalkan produk baru seperti Super Sticker dan Learning Playlist. Produk Learning Playlist ditujukan untuk mempromosikan penggunaan YouTube dari segi edukasi.
 
Sedangkan Super Sticker ditujukan untuk melengkapi alat monetisasi yang telah tersedia di YouTube, yaitu Super Chat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Diluncurkan pada bulan Januari 2017, Super Chat memungkinkan penggemar membayarkan sejumlah biaya guna menampilkan pesan mereka di bagian teratas selama premiere atau siaran langsung YouTuber.
 
Kini, YouTube menyebut bahwa Super Chat kini menjadi saluran pendapatan nomor satu di hampir 20.000 saluran, mengalami peningkatan dari tahun ke tahun sebesar 65 persen.
 
Lebih 90.000 saluran telah menggunakan Super Chat hingga saat ini, dengan beberapa diantaranya memperoleh lebih dari USD400 (Rp5,6 juta) per menit, berkat fitur ini.
 
Dengan daya tarik Super Chat, YouTube memperkenalkan Super Stickers, yang akan diluncurkan secara resmi pada beberapa bulan mendatang. Penggemar akan dapat membeli stiker animasi selama siaran langsung dan premiere berlangsung, untuk dapat menunjukan dukungan mereka kepada kreator.
 
Super Stickers diperkirakan terinspirasi dari emotes dan cheermotes di situs gaming Twitch Bits, menghadirkan stiker animasi ke percakapan sebagai cara untuk mendukung kreator video. Namun Super Sticker YouTube akan hadir dengan tampilan dan kesan berbeda.
 
Stiker ini akan ditawarkan dalam berbagai bahasa dan kategori, termasuk gaming, fesyen dan kecantikan, olahraga, musik, makanan dan lainnya.
 
Pada VidCon tahun lalu, YouTube juga memperkenalkan Channel Memberships, ekspansi dari model YouTube Gaming sebelumya, serupa model Sponsorship di Twitch.
 
Channel Memberships memungkinkan penggemar membayar biaya berlangganan untuk dapat memperoleh fitur khusus terkait dengan saluran kesukaan pengguna. Saat ini, pengguna dapat memilih untuk membayar biaya berlangganan Channel Membership sebesar USD4,99 (Rp70.286).
 
Dengan demikian, penggemar dapat mendapatkan lencana unik, emoji baru dan keuntungan lainnya seperti akses ke siaran langsung eksklusif, video ekstra atau shout-out. Kini, YouTube memperkenalkan perubahan yang diminta pengguna ke Memberships yaitu Level.
 
Level akan memungkinkan kreator mengatur lima titik harga berbeda untuk Memberships, dengan keuntungan berbeda. Fitur ini telah diuji oleh sejumlah YouTuber terpilih, termasuk Fine Brothers Entertainment di saluran REACT mereka.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif