Suasana pertandingan NXL E-Sport Mobile Game 2019 di Mangga Dua Mal, Jakarta, Minggu (17/3) (Istimewa)
Suasana pertandingan NXL E-Sport Mobile Game 2019 di Mangga Dua Mal, Jakarta, Minggu (17/3) (Istimewa)

Atlet Esports Diharapkan Berprestasi di Asian Games dan Olimpiade

Teknologi esports
Rendy Renuki H • 17 Maret 2019 18:52
Jakarta: Menjamurnya Esports di Indonesia membuat olahraga elektronik tersebut resmi menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) profesional. Para atlet Esports Tanah Air pun diharapkan bisa berprestasi di Asian Games dan Olimpiade.
 
Hal tersebut disampaikan anggota Komisi I DRP RI, Charles Honoris, saat menghadiri turnamen NXL Esports Mobile Game 2019 di Mangga Dua Mal, Jakarta, Minggu 17 Maret. Pasalnya, cabor Esports akan mulai dipertandingkan di Asian Games 2022 Huangzhou dan menjadi cabor eksebisi di Olimpiade 2020 Tokyo.
 
Ia percaya potensi yang dimiliki atlet Esports Indonesia cukup mumpuni untuk bersaing di kancah internasional. Sehingga bisa menjadi kesempatan cabor Esports yang masih seumur jagung ini unjuk gigi mengharumkan nama bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentunya atlet Esports Indonesia bisa bersaing bukan hanya di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat internasional. Nantinya kalau dipertandingkan di Asian Games (Hangzhou 2022) dan Olimpiade (Tokyo 2020), saya rasa ada kesempatan atlet Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa," kata Charles saat ditemui awak media disela acara.
 
Setelah resmi menjadi cabor profesional, ia pun mendukung pemerintah untuk menciptakan ekosistem Esports. Mulai dari regulasi hingga aturan bagi para atlet agar perkembangan Esports di Tanah Air tumbuh dengan sehat dan positif.
 
Ia juga mengapresiasi langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) yang telah membuat aturan di Esports. Di mana Kemenkominfo yang berkoordinasi di bawah Komisi I DPR RI membuat aturan membatasi usia para gamers di jenis permainan tertentu.
 
"Kemenkominfo telah mengeluarkan peraturan 2016 lalu yang membatasi usia gamers untuk game tertentu, termasuk permainan yang melibatkan kekerasan. Jadi akses negatif bisa dikontrol dengan membatasi usia para gamers," ungkapnya.
 
"Menurut saya juga agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar, ke depan perlu diperketat registrasi saat membuat akun game online. Harus registrasi dengan usia, jadi ke depan di jam tertentu yang masih di usia sekolah tidak bisa login untuk main. Jadi tidak mengganggu para siswa yang sedang belajar," pungkasnya.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi