Microsoft resmi merilis WIndows 11, yang mengusung sejumlah pembaruan menarik.
Microsoft resmi merilis WIndows 11, yang mengusung sejumlah pembaruan menarik.

Windows 11 Resmi Dirilis

Teknologi teknologi microsoft
Lufthi Anggraeni • 25 Juni 2021 12:42
Jakarta: Microsoft resmi merilis sistem operasi terbarunya, Windows 11, dengan tampilan Windows Store baru, antarmuka sederhana, serta diklaim didukung peningkatan kinerja dan pengalaman multitasking.
 
Pada acara peluncurannya, Chief Product Officer Microsoft Panos Panay menyebut bahwa sistem operasi baru karya perusahaannya ini tampil lebih modern, segar, bersih dan cantik. Sistem operasi baru Microsoft ini juga berbekal menu dan tombol Start baru.
 
Pada Windows 11, tombol Start terletak di tengah bawah layar, berbeda dari sistem operasi sebelumnya tersemat di ujung kiri layar. Selain itu, Microsoft juga menghilangkan Live Tile yang telah menjadi ciri khas sistem operasi Windows sejak Window 8.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai gantinya, aplikasi yang dibutuhkan pengguna kini menempati lokasi Live Tiles sebelumnya. Microsoft juga menghadirkan pembaruan temam, yaitu Light dan Dark Mode dengan latar belakang transparan.
 
Selain itu, Microsoft juga menempatkan panel widget dengan dukungan Artificial Intelligence (AI) di sisi kiri layar. Panel ini menampilkan informasi yang dapat disesuaikan dengan minat dan preferensi pengguna.
 
Menariknya, update sistem operasi Windows 11 ini lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran update sistem operasi sebelumnya. Microsoft mengklaim bahwa ukuran update Windows 11 ini 40 persen lebih kecil jika dibandingkan dengan sebelumnya.
 
Microsoft juga mengklaim bahwa Windows 11 lebih efisien dan hemat konsumsi daya. Dengan demikian, baterai perangkat pengguna sistem operasi baru ini diklaim akan mampu bertahan dalam jangka waktu lebih lama.
 
Selain itu, Windows 11 juga diklaim sangat aman, bahkan Microsoft menggadangnya sebagai sistem operasi paling aman yang pernah diproduksi perusahaan berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat tersebut.
 
Microsoft juga mengumumkan versi baru dari Microsoft Teams, yang merupakan bagian dari sistem operasi baru tersebut. Pada WIndows 11, Microsoft Teams telah terintegrasi di bilah tugas, memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon via perangkat.
 
Bersamaan dengan peluncuran Windows 11, Microsoft turut mengumumkan fitur baru bertajuk Layout, memungkinkan pengguna memilih tata letak aplikasi saat dijalankan, sesuai dengan kebutuhan pengguna.
 
Untuk tablet, Windows 11 juga berbekal peningkatan pada fitur gesture, termasuk dalam hal goresan stylus dan pengetikan via suara atau voice typing. Windows 11 juga dilengkapi dengan fitur Auto HDR, berkemampuan menjadikan gambar lebih tajam dan detail dan ditujukan untuk gamer.
 
Gamer juga kian dimanjakan Microsoft pada Windows 11, sebab sistem operasi ini telah terintegrasi dengan Xbox Game Pass, memungkinkan pengguna bisa menyiarkan atau stream game kesukaan via layanan xCloud.
 
Update Microsoft ini juga termasuk pembaruan pada WIndows Store, selain hadir dengan tampilan baru yang lebih sederhana, juga memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi Android pada Windows 11.
 
Sebagai informasi,Windows 11 mulai akan tersedia untuk semua pengguna pada musim liburan atau diperkirakan pada akhir bulan November mendatang. Sebelum menjangkau seluruh pengguna, Microsoft menyebut akan merilis versi beta publik terlebih dahulu, mulai pekan depan.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif