Ilustrasi. (WCCF Tech)
Ilustrasi. (WCCF Tech)

WhatsApp Siapkan Dua Jenis Dark Mode

Teknologi media sosial teknologi whatsapp
Cahyandaru Kuncorojati • 05 November 2019 11:47
Jakarta: Keputusan sistem operasi versi terbaru Android dan iOS merilis mode gelap atau dark mode membuat pengembang aplikasi harus ikut menyiapkan fitur yang sama di aplikasi mereka. Dark mode sendiri diklaim bisa menghemat konsumsi baterai.
 
Namun, hal menarik terdengar dari aplikasi WhatsApp. Dark mode biasanya menyediakan mode gelap dalam antarmuka. Artinya hanya ada satu warna yang mewakili mode ini yaitu hitam. Beredar kabar WhatsApp justru menyediakan dua pilihan dark mode.
 
Dikutip dari Tech Radar, WhatsApp tidak hanya menggunakan warna hitam sebagai warna tema dari mdoe gelap atau dark mode. Tersedia juga pilihan warna lain yaitu dark teal. Hasil penelusuran Medcom.id dark teal adalah warna hijau kebiruan yang lebih gelap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini diketahui dari sebuah foto screenshot data antarmuka dari aplikasi WhatsApp yang beredar di internet. Dilaporkan bahwa ada seorang pengguna yang melakukan penelusuran ke data di dalam APK aplikasi WhatsApp. Kemungkinan besar perubahan warna lebih gelap akan ditemukan pada default wallpaper di chat WhatsApp.
 
Meksipun kabar ini beredar sangat cepat pihak WhatsApp masih enggan memberikan pernyataan atas rumor ini. Mereka juga masih belum memberikan informasi dark mode mulai tersedia. Kemungkinan besar tidak akan lama lagi.
 
WhatsApp Siapkan Dua Jenis Dark Mode
 
Berkaca kepada aplikasi lain, misalnya Instagram, Facebook, dan Google Chrome sudah lebih dulu menggulirkan update yang berisi opsi dark mode. Mode ini semakin populer setelah beredar hasil pengujian iPhone menggunakan mode gelap yang ternyata bisa memperpanjang daya tahan baterai.
 
WhatsApp sendiri belakangan sedang mengembangkan beragam fitur baru salah satunya adalah self-destructing messages. Fitur ini akan membuat kalimat di dalam chat WhatsApp bisa terhapus dalam durasi tertentu. Jadi, penggunanya dikabarkan bisa mengatur berapa lama chat tersebut bisa tersimpan dan dilihat di aplikasi.
 
Penggunaan mode gelap atau dark mode di WhatsApp diklaim bisa mengurangi konsumsi baterai smartphone dari aplikasi chat paling populer ini. Sifat aplikasi messaging yang selalu terhubung di internet dan menyediakan notifikasi biasanya akan terlihat sebagai aplikasi paling banyak menyedot baterai di opsi monitoring baterai.
 
Ada banyak cara untuk menghemat konsumsi baterai dari aplikasi WhatsApp. Cara yang paling populer adalah dengan menghentikan unduh otomatis konten seperti foto, video, dan audio di dalam chat WhatsApp. Cara ini juga bisa membuat Anda menghemat konsumsi ruang memori atau penyimpanan data.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif