HTC Dream.
HTC Dream.

Hari Ini Android Resmi Berusia 11 Tahun, Ini Ponsel Pertamanya

Teknologi android
Cahyandaru Kuncorojati • 23 September 2019 15:37
Jakarta: Pengguna iPhone mungkin akan selalu beranggapan bahwa sistem operasi Android di smartphone rumit untuk digunakan dibandingkan iOS. Faktanya, sistem operasi Android masih mendominasi pasar smartphone di dunia dan kini sudah berusia 11 tahun.
 
Ya, Android hadir ke dalam sebuah smartphone sudah sejak 11 tahun lalu. Menelusuri kembali ke situs resmi Google, di blog resmi Android Developer masih tampil unggahan mengenai Android 1.0 yang diumumkan pada 23 September 2008.
 
Dikutip dari Engadget, sistem operasi Android digagas sebagai salah satu impian Google mengenai smartphone masa depan. Meskipun begitu, Apple sebenarnya lebih dulu merintis industri smartphone dengan memperkenalkan iPhone pertama pada 29 Juni 2007.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa merek smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android? Dari informasi yang dikumpulkan smartphone HTC Dream adalah yang pertama menawarkan pengalaman Android. Smartphone ini dirilis bersama dengan kelahiran Android generasi pertama bernama Android Donut.
 
HTC Dream memiliki desain yang sangat unik. Bagian bodi layarnya bisa digeser dan menyediakan keypad model QWERTY untuk digunakan dalam posisi horizontal atau landscape. Bersama dengan itu layar HTC Dream tetap sudah mengusung fitur layart sentuh.
 
Dikutip dari GSM Arena, HTC Dream menggunakan Qualcomm MSM7201A. Kapasitas RAM yang dimiliki sebesar 192MB dengan memori internal 256MB yang bisa ditambah MicroSD.
 
Smartphone ini masih menggunakan port Mini USB, ukurannya lebih besar dari Micro USB seperti smartphone saat ini. Kapasitas baterainya juga sangat kecil yaitu 1.150 mAh. HTC Dream juga hanya mempunya satu kamera yakni di kamera belakang resolusi 3,15MP.
 
Kini sistem operasi Android sudah memasuki seri Android 10. Google Android memilih tidak lagi menggunakan nama makanan manis atau kudapan untuk setiap generasi sistem operasi yang merek rilis. Pihak Google menyebut beberapa nama kudapan tersebut tidak populer di sebagian dunia.
 
Pada acara Google I/O 2019, mereka mengklaim bahwa saat ini sudah ada 2,5 miliar perangkat Android aktif di dunia, tidak terbatas hanya smartphone. Android terus berkembang sebagai sistem operasi open source yang bisa dimodifikasi oleh setiap developer sehingga membuatnya menjadi sangat populer.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif