Mac Pro terbaru Apple. (Photo by Brittany Hosea-Small / AFP)
Mac Pro terbaru Apple. (Photo by Brittany Hosea-Small / AFP)

Mac Pro Baru Diproduksi di Tiongkok

Teknologi apple
Ellavie Ichlasa Amalia • 29 Juni 2019 17:56
Jakarta:Mac Pro terbaru dari Apple akan diproduksi di Tiongkok. Sejak 2013, Apple merakit model Mac Pro di pabrik di Texas, Amerika Serikat.
 
Sebagian besar produk Apple memang diproduksi di Tiongkok. Jadi, tidak heran jika perusahaan itu memutuskan untuk memindahkan proses produksi ke luar AS, lapor The Wall Street Journal.
 
Namun, keputusan ini muncul di tengah kondisi yang memanas antara Tiongkok dan AS. Pemerintah AS telah menetapkan bahwa produk impor dari Tiongkok akan dikenakan tarif 25 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika Apple mengumumkan Mac Pro generasi sebelumnya, mereka membanggakan fakta bahwa komputer itu akan dirakit di AS, menurut laporan The Verge. Sebelum peluncuran komputer tersebut, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa Apple telah berjuang keras untuk merealisasikan hal tersebut. "Kami sangat bangga dengan hal ini," katanya ketika itu.
 
Namun, alat khusus dan pelatihan pada pekerja membuat produksi Mac Pro melambat. Ini membuat Apple kesulitan memenuhi permintaan pelanggan yang tinggi.
 
Kemudian, Mac Pro tak lagi menjadi fokus Apple dan tidak memberikan update komponen terbaru. Dilaporkan, pabrik di Texas kini fokus untuk memproduksi produk untuk peusahaan lain.
 
Apple tampaknya telah berencana untuk memindahkan produksi Mac Pro ke Tiongkok sejak bertahun-tahun lalu. Pada 2016, Bloomberg melaporkan, tantangan manufaktur yang dihadapi oleh AS membuat Apple ingin mengembalikan proses produksi ke Tiongkok, yang memiliki biaya lebih murah dan tenaga kerja yang lebih mumpuni.
 
Apple berkata, Mac Pro terbaru masih memiliki komponen yang dibuat di AS dan produk itu mendukung industri pabrik di 30 negara bagian di AS. "Perakitan akhir hanyalah salah satu bagian dari proses manufaktur," kata juru bicara Apple.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif