NSO Group pernah memamerkan sebuah alat peretas di pamerakan teknologi keamanan yang digelar di Prancis tahun lalu. (Business Insider)
NSO Group pernah memamerkan sebuah alat peretas di pamerakan teknologi keamanan yang digelar di Prancis tahun lalu. (Business Insider)

Ponsel Bos Amazon Kebobolan Pakai Teknologi Israel?

Teknologi teknologi amazon cyber security
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Januari 2020 11:12
Jakarta: Berdasarkan bukti penyelidikan oleh investogator PBB ditemukan bahwa Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman membobol keamanan ponsel bos Amazon, Jeff Bezos, via WhatsApp.
 
Dilaporkan akun WhatsApp putra mahkota tersebut mengirimkan pesan berisi video format MP4 terenkripsi yang disusupi spyware, malware yang bisa memata-matai data dan aktvitas ponsel korban.
 
Menariknya metode dan spyware yang digunakan ternyata juga pernah digugat WhatsApp sekaligus Facebook.Spyware yang diketahui bernama Pegasus merupakan buatan perusahaan teknologi keamanan dan intelijen asal Israel, NSO Group.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di bulan Mei 2019 mereka pernah dilaporkan WhatsApp memanfaatkan celah keamanan di layanan tersebut. November 2019, Facebook sebagai induk dari WhatsApp menyatakan menggugat NSO Group.
 
Namun, perusahaan asal Israel ini tidak mau berkomentar dan menyatakan tidak terlibat sama sekali. Mereka memang menjual teknologinya kepada siapapun yang ingin membelinya.
 
Temuan WhatsApp saat itu menyatakan bahwa pelaku peretasan yang meargetkan pengguna layanannya dengan teknologi NSO Group menargetkan sosok aktivias kemanusiaan dan jurnalis dari berbagai negara.
 
Dikutip dari The Guardian, NSO Group sudah menerima hasil analisis dari perwakilan PBB terkait peretasan ponsel Jeff Bezos oleh Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Mereka membantah dengan menyatakan tidak terlibat sama sekali.
 
Di sebuah pameran teknologi keamanan 2019 di Paris, Prancis, NSO Group pernah memamerkan sebuah alat yang disebut bisa meretas ponsel, dikutip dari Business Insider. Tidak diketahui apakah alat yang dipamerkan juga ikut digunakan dalam peretasan dialami oleh Jeff Bezos.
 
Di bulan November lalu, Facebook Inc melaporkan bahwa spyware Pegasus buatan NSO Group juga bisa melancarkan serangan Denial of Services (DoS) yang membuat koneksi internet ke perangkat bermasalah.
 
Satu serangan lagi adalah Remote Code Execution atau kata lainnya kendali perangkat diambil alih pelaku serangan tanpa disadari. Diduga kuat metode ini yang dilakukannya melalui konten yang dibagikan via WhatsApp.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif