Ilustrasi machine learning.
Ilustrasi machine learning.

AWS: Machine Learning Dukung Transformasi Digital di Semua Sektor

Teknologi teknologi amazon corporate transformasi digital
Cahyandaru Kuncorojati • 15 Juni 2020 16:23
Jakarta: Melihat pengembangan dan pemanfaatna teknologi machine learning di berbagai sektor bisnis maupun lembaga pelayanan publik diliaht oleh AWS (Amazon Web Service) sebagai alat yang bisa mendukung transformasi digital yang tidak terbatas dan bersinergi di berbagai sektor.
 
Teknologi machine learning juga menjadi pembuka teknologi lainnya yang saling terintegrasi, mislanya Cloud Computing, Big Data Analytic, AI atau kecerdasan buatan, dan IoT (Internet of Things). Manfaatnya dianggap tidak hanya mampu membuat prediksi tapi lebih luas lagi, misalnya di teknologi otonom dan robotik, dan lain-lain.
 
Head of Technology Southeast Asia AWS, Santanu Dutt menuturkan bahwa pemanfaatan teknologi machine learning tidak lagi didomiansi oleh perusahaan berskala besar. Kini perusahaan ukuran startup juag sudah mengembangkan dan memanfaatkan teknologi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Indonesia, AWS menyediakan platform cloud yang didesain mampu mendukung teknologi machine learning. Salah satu klien mereka adalah startup agritech bernama HARA yang mengumpulkan data dari petani terkait penanaman dan panem yang kemudian diolah machine learning AWS berbasis cloud.
 
Data ini dioleh dan bisa dimanfaatkan oleh lembaga finansial untuk keperluan peminjaman modan atau kebutuhan lagi bagi bisnis para petani. Para pertani yang menyediakan data tersebut bagi startup HARA juga menerima beberapa reward atas kerja sama tadi.
 
Menyoal layanan machine learning berbasis cloud dari AWS tersedia dukungan fitur atau teknologi pendukung seperti Amazon Kendra, Amazon Sumerian, Amazon Lambda, Amazon Polly, Amazon Lex, Amazon Connect, dan Amazon Transcriber.
 
Contoh lain yang diberikan Santanu adalah penerapan machine learning yang terintegrasi dengan kamera pemantau keamanan dan data pegawai di Kumho Petrochemical yang ada di Korea Selatan. Teknologi machine learning berbasis cloud AWS bisa mengenali apabila ada pegawai yang tidak mematuhi perlengkapan keamanan.
 
"Apabila teridentifikasi karyawan yang tidak mengenakan helm pengaman, sistem akan mengeluarkan peringatan suara yang dapat didengarkan oleh karyawan yang bersangkutan. Layanan Amazon Polly berperan dalam mengonversi teks ke perintah berwujud suara," jelas Santanu.
 
Di Malaysia penggunaan machine learning berbasis cloud AWS oleh operator seluler Maxis dihadirkan dalam bentuk layanan kepada pelanggan dalam wujduh teknologi augmented reality dan virtual reality.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif