Line menggelar Line AI Day 2020, terfokus pada pemanfaatan AI untuk menghadirkan pengalaman penggunaan alami.
Line menggelar Line AI Day 2020, terfokus pada pemanfaatan AI untuk menghadirkan pengalaman penggunaan alami.

Line Gelar Line AI Day 2020

Teknologi teknologi line
Lufthi Anggraeni • 29 Juli 2020 16:04
Jakarta: Line menghelat gelaran acara Line AI Day 2020 secara online, mengusung tema pembentukan pondasi untuk kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19, dengan memanfaatkan produk dan solusi AI karya Line.
 
“Kami telah memperluas fungsi kami tidak hanya sekadar sebagai layanan pesan instan. Kami memulai sebagai aplikasi komunikasi, sehingga komunikasi menjadi inti dari layanan kami. Namun, kami telah memperluas cakupan ke berbagai layanan lainnya.” ujar CEO Line AI Company Shinchiro Isago.
 
Produk yang diperkenalkan Line sebagai perluasan cakupan layanannya adalah Line AiCall, layanan dengan didukung oleh teknologi AI berkemampuan suara, serta Line eKYC atau layanan verifikasi identitas secara online.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada ajang ini, Line juga menunjukan keseriusannya untuk menapaki ranah Artificial Intelligence (AI) secara lebih serius, termasuk kelanjutan dari bisnis AI Line. Isago menyebut tidak hanya terbatas pada perangkat smartphone, Line ingin menyuguhkan pengalaman alami di berbagai perangkat.
 
Hal tersebut, jelas Isago, merupakan inti dari upaya penelitian dan pengembangan Line AI Company dalam ranah kecerdasan buatan (AI). Line kembali menegaskan tujuannya untuk mengaplikasikan visi Life on Line yang telah diusungnya selama beberapa tahun terakhir.
 
Visi ini menegaskan komitmen Line untuk mendukung kehidupan sehari-hari pengguna selama 24 jam setiap hari, serta menjadi layanan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam mewujudkan visi ini, Line menyebut bahwa AI merupakan elemen penting.
 
Line juga mempromosikan DX atau transformasi digital dengan menggunakan teknologi AI di setiap layanan yang dikembangkannya, yang ditujukan Line untuk meningkatkan pengalaman pengguna layanan mereka.
 
Namun, Line menegaskan bahwa tujuan utama transformasi digital bukanlah untuk menuntut teknologi terbaru, tetapi untuk menciptakan pengalaman yang menyuguhkan AI secara alami tanpa hambatan dengan kehidupan sehari-hari pengguna.
 
Untuk mendukung upayanya menghadirkan pengalaman penggunaan alami, Line memperkenalkan tiga pengembangan teknologi bidang AI, yakni speech recognition, natural language processing, dan OCR..
 
OCR menjadi salah satu teknologi yang mendukung layanan Line Pay, didampingi oleh teknologi pengenalan wajah karya Line. Teknologi OCR untuk kartu identitas ditujukan untuk mewujudkan layanan verifikasi identitas online (eKYC).
 
Sejumlah teknologi karyanya tersebut dinilai Line tidak hanya cocok untuk masa pandemi saat ini, namun juga untuk masa mendatang.
 
Di tengah pandemi, Line mengklaim teknologi komunikasi dengan dukungan AI karyanya mendukung bisnis terutama di bidang restoran untuk menentukan jumlah pengunjung, sebab LINE AiCall juga mengusung fungsi untuk penerimaan reservasi.
 
Line juga mengumumkan perubahan merek atau rebranding dari layanan Clova dan Brain. Isago menjelaskan bahwa kedua layanan ini telah diintegrasikan dan diperkuat menjadi Line Clova.
 

(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif