Microsoft mengunggah dua gambar menampilkan layout pada Surface Duo.
Microsoft mengunggah dua gambar menampilkan layout pada Surface Duo.

Microsoft Rilis Gambar Layout Layar Tunggal dan Ganda Surface Duo

Teknologi teknologi microsoft
Lufthi Anggraeni • 06 April 2020 15:39
Jakarta: Ponsel Surface Duo dengan layar ganda diperkirakan akan diumumkan di ajang Microsoft Surface pada bulan Oktober mendatang dan tersedia di pasar selama musim belanja liburan mendatang. Pada bulan Februari, beredar rumor bahwa perangkat ini siap untuk dirilis lebih awal.
 
Namun akibat pandemik korona, apabila rumor tersebut benar, maka Microsoft harus menunda peluncurannya. Sebagai informasi, Surface Duo berbekal sepasang layar berukuran 5,6 inci, masing-masing beresolusi 1350 x 1800 piksel, seperti laporan Phone Arena.
 
Saat kedua layar dalam posisi terbuka, akan tercipta layar berukuran 8,3 inci dengan engsel di bagian tengah. Dan Microsoft juga telah menciptakan sistem engsel yang memberikan perangkat kesadaran kontekstual terkait posisi kedua layar dan penyesuaian antarmuka pengguna.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sistem tersebut berbasis pada paten sebelumnya yang didaftarkan dan sejumlah paten dengan sertifikat yang sebelumnya diterima Microsoft. Sebagai contoh dalam mode laptop, mode ini dipegang dalam posisi horisontal, dan saat dibuka, bagian bawah layar layar merupakan keyboard virtual.
 
Saat layar dibuka dalam bentuk seperti huruf V terbalik, perangkat ini dilaporkan akan menampilkan antarmuka jam alarm sehingga Duo dapat ditempatkan di nakas pengguna. Artikel terbaru Microsoft Dev Blog memperkenalkan kepada pengembang Android layout yang akan digunakan Duo.
 
Layout ini salah satunya adalah diagram menampilkan aplikasi sampel yang akan dikonfigurasikan dalam berbagai mode. Sejumlah mode menampilkan layout layar tunggal dan mode lainnya menampilkan layout layar ganda.
 
Surface Duo didukung Snapdragon 865 saat diperkenalkan secara singkat kepada publik pada bulan Oktober lalu. Dan hal ini memicu munculnya sejumlah pertanyaan termasuk terkait dukungan chip unggulan keluaran tahun 2020 Qualcomm pada versi produksi massal dari Surface Duo.
 
Pertanyaan lainnya termasuk dukungan kemampuan Surface Pen pada perangkat ini, serta konfigurasi memori dan ruang penyimpanan, kapasitas baterai dan penawaran harga untuk Surface Duo ini. Sebelumnya, Surface Duo muncul saat digenggam oleh CEO Microsoft Satya Nadella pada bulan Januari lalu.
 
Selain itu, Surface Duo juga muncul dalam foto kantor di rumah yang digunakan oleh Senior Director Microsoft Frank Shaw pada bulan Maret lalu. Duo akan menjadi perangkat pertama Microsoft yang menggunakan sistem operasi Android, meski Microsoft memiliki sejumlah paten terkait dengan sistem operasi.
 
Sejumlah pihak disebut berharap bahwa Surface Phone yang akan menggunakan versi terbaru dari Windows Phone, sedangkan pihak lain mengaku gembira bahwa mereka tidak harus menghadapi masalah yang disebut sebagai gap aplikasi.
 
Karena Windows Phone memiliki persentase kecil pada pasar nirkabel, banyak pengembang dari aplikasi populer dan sukses Android dan iOS memutuskan tidak akan membuang waktu atau upaya untuk mengembangkan aplikasi tersebut dalam versi OS mobile Microsoft.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif