Telkom meneybut masih mengidentifikasi penyebab gangguan layanan IndiHome.
Telkom meneybut masih mengidentifikasi penyebab gangguan layanan IndiHome.

Layanan IndiHome Alami Gangguan

Teknologi teknologi Telkom
Lufthi Anggraeni • 13 Agustus 2020 17:53
Jakarta: Layanan broadband internet milik Telkom, Indihome dilaporkan mengalami gangguan pada pagi tadi, didukung oleh keluhan pengguna yang disampaikan via jejaring sosial Twitter. Gangguan ini disebut mencakup wilayah operasional Indihome tergolong luas.
 
Medan, Sumatera Utara dilaporkan pengguna Twitter menjadi salah satu wilayah yang terdampak oleh gangguan layanan ini. Selain Medan, pengguna Twitter lain turut menyebut Bandung, Jawa Barat, sebagai wilayah yang juga terdampak oleh gangguan ini.
 
Sebagian besar pengguna lain juga mengeluhkan bahwa layanan IndiHome bermasalah dan koneksi internetnya terputus. Gangguan ini mencakup wilayah tergolong luas, sebab seorang pengguna IndiHome di Tambun, Bekasi bernama Erwin Petas juga mengeluhkan hal yang sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erwin menyebut gangguan layanan internet IndiHome di rumahnya ini mulai ia rasakan sejak pukul 10.15 WIB pagi dan membuat aktivitas bekerja dari rumah yang tengah ia jalani terganggu. Permasalahan ini telah diketahui oleh pihak Telkom.
 

 

Saat dimintai konfirmasi, Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengakui layanan Indihome memang sempat mengalami gangguan pada pagi hari ini, di berbagai wilayah di Indonesia.
 
Meskipun demikian, Arif mengklaim seluruh layanan telah kembali normal dan masih mengidentifikasi penyebab gangguan ini. Arif juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan, dan menegaskan bahwa pihaknya terus memantau layanan Indihome secara keseluruhan.
 

Sebelumnya, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom mencatat laba bersih sebesar Rp10,99 triliun sepanjang semester I-2020. Mengutip laporan keuangan perseroan Senin, 10 Agustus 2020, capaian tersebut lebih rendah dibandingkan perolehan laba pada periode yang sama tahun lalu yakni Rp11,08 triliun.
 
Sementara itu, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom mengakui pandemi covid-19 menjadi kendala dalam pemasangan instalasi IndiHome, khususnya di kawasan red zone atau zona merah. Secara keseluruhan kelangsungan usaha perseroan memang tak terpengaruh oleh covid-19. Hal ini hanya berdampak ke segmen consumer.
 
Dan pada awal bulan Juli lalu, Telkom akhirnya membuka akses Netflix melalui Telkomsel, Indihome, dan wifi.id. Layanan tersebut dibuka kembali setelah sempat ditutup sejak 2016. Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan pihaknya membuka kembali layanan tersebut agar para pelanggan bisa mengakses dan menikmati konten Netflix.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif