Sony berencana mengimplementasikan teknologi 3D barunya di smartphone keluaran akhir tahun 2019.
Sony berencana mengimplementasikan teknologi 3D barunya di smartphone keluaran akhir tahun 2019.

Sony Boyong Teknologi Pengenal Wajah Baru ke Ponsel 2019?

Teknologi sony
Lufthi Anggraeni • 03 Januari 2019 10:28
Jakarta: Generasi baru teknologi pengenalan wajah akan tersedia di ponsel cerdas komersial pada akhir tahun 2019, dan Sony dikabarkan akan menjadi perusahaan yang mendorong inovasi tersebut.

Kepala divisi sensor Sony, Satoshi Yoshihara pada minggu lalu mengungkap bahwa perusahaannya berencana untuk segera menyelesaikan produksi sensor 3D baru untuk kamera depan dan belakang.

Sejumlah produsen smartphone telah mengungkapkan rencana mereka untuk mengimplementasikan teknologi ini pada ponsel karyanya. Yoshihara menyebut bahwa kamera telah merevolusikan kemampuan ponsel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Teknologi diprediksi Yoshihara akan mendorong revolusi lain pada ponsel cerdas. Kecepatan pengadopsian teknologi 3D pada masing-masing produsen akan berbeda, namun Yoshihara meyakini bahwa teknologi ini akan banyak diadopsi pelaku industri smartphone. Sejumlah informasi yang beredar menyebutkan beberapa skenario penggunaan kamera 3D generasi baru ini.

Namun, skenario paling menarik yaitu pada kemampuan mengenali wajah, dijanjikan akan lebih akurat dan dapat diandalkan jika dibandingkan teknologi yang diperkenalkan Apple pada Face ID.

Teknologi yang digunakan Face ID dan ditiru oleh produsen ponsel seperti Huawei dan Xiaomi, berkenaan dengan proyeksi titik cahaya ke wajah pengguna, serta mengukur bentuk dari garis yang dihasilkan titik cahaya.

Sementara teknologi kamera 3D baru Sony menggunakan sinyal laser berdenyut, mengukur jangka waktu yang dibutuhkan denyut untuk memantul kembali. Cara ini serupa dengan cara yang digunakan kelelawar dalam ekolokasi di lingkungan sekitarnya.

Sony menyebut metode baru ini menciptakan model dari wajah pengguna dengan lebih detil dan dapat berfungsi dari jarak sejauh lima meter. Dan Sony mengaku sangat serius untuk menghadirkan teknologi ini ke pasar.

Perusahaan asal Jepang ini menciptakan situs Sony Depthsensing khusus, sebagai medium untuk mengeksplorasi peluang teknologi serupa dan cara untuk mengimplementasikannya ke produk selain ponsel, seperti mobil nirsopir, drone, robot dan lainnya.

Proses produksi massal kamera 3D baru ini dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun 2019, sehingga teknologi ini diprediksi akan tersedia di smartphone unggulan yang diluncurkan pada akhir tahun 2019 mendatang.

Dengan teknologi pemindai sidik jari di layar yang masih mengalami masa sulit, teknologi 3D baru ini diprediksi akan menjadi solusi keamanan alternatif untuk smartphone di masa mendatang.


(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi