Sony berencana mengimplementasikan teknologi 3D barunya di smartphone keluaran akhir tahun 2019.
Sony berencana mengimplementasikan teknologi 3D barunya di smartphone keluaran akhir tahun 2019.

Sony Boyong Teknologi Pengenal Wajah Baru ke Ponsel 2019?

Teknologi sony
Lufthi Anggraeni • 03 Januari 2019 10:28
Jakarta: Generasi baru teknologi pengenalan wajah akan tersedia di ponsel cerdas komersial pada akhir tahun 2019, dan Sony dikabarkan akan menjadi perusahaan yang mendorong inovasi tersebut.
 
Kepala divisi sensor Sony, Satoshi Yoshihara pada minggu lalu mengungkap bahwa perusahaannya berencana untuk segera menyelesaikan produksi sensor 3D baru untuk kamera depan dan belakang.
 
Sejumlah produsen smartphone telah mengungkapkan rencana mereka untuk mengimplementasikan teknologi ini pada ponsel karyanya. Yoshihara menyebut bahwa kamera telah merevolusikan kemampuan ponsel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teknologi diprediksi Yoshihara akan mendorong revolusi lain pada ponsel cerdas. Kecepatan pengadopsian teknologi 3D pada masing-masing produsen akan berbeda, namun Yoshihara meyakini bahwa teknologi ini akan banyak diadopsi pelaku industri smartphone.
 
Sejumlah informasi yang beredar menyebutkan beberapa skenario penggunaan kamera 3D generasi baru ini.
 
Namun, skenario paling menarik yaitu pada kemampuan mengenali wajah, dijanjikan akan lebih akurat dan dapat diandalkan jika dibandingkan teknologi yang diperkenalkan Apple pada Face ID.
 
Teknologi yang digunakan Face ID dan ditiru oleh produsen ponsel seperti Huawei dan Xiaomi, berkenaan dengan proyeksi titik cahaya ke wajah pengguna, serta mengukur bentuk dari garis yang dihasilkan titik cahaya.
 
Sementara teknologi kamera 3D baru Sony menggunakan sinyal laser berdenyut, mengukur jangka waktu yang dibutuhkan denyut untuk memantul kembali. Cara ini serupa dengan cara yang digunakan kelelawar dalam ekolokasi di lingkungan sekitarnya.
 
Sony menyebut metode baru ini menciptakan model dari wajah pengguna dengan lebih detil dan dapat berfungsi dari jarak sejauh lima meter. Dan Sony mengaku sangat serius untuk menghadirkan teknologi ini ke pasar.
 
Perusahaan asal Jepang ini menciptakan situs Sony Depthsensing khusus, sebagai medium untuk mengeksplorasi peluang teknologi serupa dan cara untuk mengimplementasikannya ke produk selain ponsel, seperti mobil nirsopir, drone, robot dan lainnya.
 
Proses produksi massal kamera 3D baru ini dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun 2019, sehingga teknologi ini diprediksi akan tersedia di smartphone unggulan yang diluncurkan pada akhir tahun 2019 mendatang.
 
Dengan teknologi pemindai sidik jari di layar yang masih mengalami masa sulit, teknologi 3D baru ini diprediksi akan menjadi solusi keamanan alternatif untuk smartphone di masa mendatang.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif