Sejumlah Faktor Persulit Penjualan Apple iPhone XR

Lufthi Anggraeni 23 November 2018 11:02 WIB
apple
Sejumlah Faktor Persulit Penjualan Apple iPhone XR
Apple dilaporkan mengalami sejumlah hambatan penyebab kegagalan penjualan iPhone XR menyamai ekspektasi analis.
Jakarta: Sejumlah laporan terbaru mengonfirmasi kombinasi dari faktor terkait kegagalan pendistribusian iPhone XR, mendorong ponsel cerdas terbaru Apple ini sulit untuk dipasarkan dan tidak mencapai ekspektasi analis.

Apple dan industri dinilai telah salah menilai pendapat konsumen terkait dengan penawaran harga terjangkau untuk ponsel. iPhone XR dinilai masih memiliki potensi untuk menjadi fenomena global jika ditawarkan dengan potongan harga.

Hal tersebut dibuktikan saat iPhone XR ditawarkan dengan potongan harga pada ajang belanja Singles’Day di Tiongkok yang terselenggara baru-baru ini, dengan angka penjualan tergolong tinggi. Hal ini didorong oleh peritel online lokal memangkas harga ponsel antara 10 persen hingga 15 persen dari harga pada umumnya.


Namun, pemberian potongan harga dalam kurun waktu singkat tidak cukup mampu untuk mendukung prediksi produksi analis secara keseluruhan, termasuk yang diungkapkan oleh analis Rosenblatt Jun Zhang.

Sementara itu, Apple berencana untuk menawarkan subsidi kepada operator telekomunikasi di Jepang untuk mengurangi harga iPhone XR di wilayah tersebut. Jepang dipilih Apple untuk penawaran subsidinya, karena iPhone 8 tergolong sukses di wilayah ini.

Sejumlah pihak menyebut rencana ini menjadi bentuk keputusasaan Apple dalam menembus pasar Tiongkok, sehingga memilih untuk mendominasi pasar Jepang.

Sayangnya, dominasi di negara matahari terbit ini juga dinilai tidak akan berlangsung lama, meski akan mendorong pendapatan secara signifikan.

Apple juga diperkirakan tengah berupaya menghadirkan kembali iPhone X di pasar tertentu, setelah menghentikan produksi ponsel unggulannya keluaran tahun 2017 tersebut, demi tiga model terbaru, iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR.

Proses produksi iPhone X akan segera dimulai, sedangkan Apple menyelesaikan produksi 32 juta unit iPhone XR hingga akhir tahun 2018 ini. Apple menargetkan akan menjual iPhone XR sebanyak 74 juta unit, menurun dari target sebelumnya sebanyak antara 90 hingga 95 juta unit. 



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.