Ilustrasi.
Ilustrasi.

AI Bikin Investor Merugi, Perusahaan Dituntut

Teknologi kecerdasan buatan
Ellavie Ichlasa Amalia • 09 Mei 2019 17:42
Jakarta:Kecerdasan buatan mulai digunakan di bidang finansial pada 2016 untuk menganalisa data pasar dan melakukan jual-beli saham secara otomatis untuk para investor.
 
Sekarang, gembong real estate Hong Kong, Samathur Li Kin-kan menuntut perusahaan yang menggunakan AI untuk melakukan jual-beli saham karena membuatnya merugi hingga jutaan dollar. Ini adalah kasus pertama ketika perusahaan dituntut karena AI buatannya membuat kesalahan.
 
Li bertemu dengan Raffaele Costa, CEO dan pendiri dary Tyndaris Investments pada Maret 2017. Ketika itu, Costa menjelaskan pada Li bahwa perusahaannya meluncurkan robot yang dikendalikan superkomputer bernama K1, lapor Futurism.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Li menunjukkan ketertarikan. Costa mulai menunjukkan simulasi bagaimana K1 bisa membuat investasi dengan untung dua kali lipat. Li terlihat kagum dengan hal ini. Dia setuju untuk membiarkan K1 memegang USD2,5 miliar dengan harapan AI itu akan bisa menggandakannya menjadi USD5 miliar.
 
K1 mulai bertanggung jawab atas investasi Li pada akhir 2017. Pada Februari, AI itu terus membuat keputusan salah yang berujung pada kerugian. Suatu ketika, keputusan yang dibuat K1 bahkan membuat Li merugi lebih dari USD20 juta.
 
Li lalu menarik kembali uangnya dan menuntut Tyndaris atas tuduhan Costa tidak memberikan penjelasan jujur tentang kemampuan K1. Para pengacara Tyndaris membantah tuduhan itu, mengatakan bahwa mereka tidak pernah menjamin AI mereka akan membuat Li untung.
 
Ini adalah kasus pertama tuntutan dimasukkan ke pengadilan karena kerugian yang disebabkan oleh AI yang bergerak di bidang finansial. Mengingat kini AI semakin sering digunakan, kemungkinan, kasus serupa akan semakin banyak di masa depan.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif