Melihat Pertarungan Dua Ponsel Poni Kelas Menengah

Cahyandaru Kuncorojati 24 Juni 2018 18:29 WIB
asusvivo
Melihat Pertarungan Dua Ponsel Poni Kelas Menengah
Smartphone premium.
Jakarta: Siapa yang tidak ingin memiliki smartphone premium? Smartphone premium identik dengan harga banderol yang sangat mahal. Kini hal itu tidak sepenuhnya benar.

Smartphone premium tidak harus selalu mahal. Apabila smartphone tersebut hadir dengan paket desain dan performa yang menakjubkan serta dibanderol dengan harga yang sepadan, maka tetap layak disebut smartphone premium.

Bicara harga, selama ini kita terbiasa mengenal bahwa smartphone premium dibanderol dengan harga di atas Rp8 juta. ASUS boleh dibilang salah satu vendor yang cukup berani menawarkan smartphone premium dengan harga hampir setengahnya.


Keberanian tersebut muncul dari performa mumpuni dan memuaskan, yang juga dibalut dengan tampilan yang pantas disebut premium.

Medcom.id menemukan tampilan premium ASUS pada ZenFone 5 yang dibanderol harga Rp4 juta. Saat menggengam dan melihat desain wajah terutama bagian belakangnya yang menggunakan material kaca, kami yakin Anda sepakat bahwa desain ZenFone 5 layak disebut premium.



Meksipun begitu, tampilan bukan satu-satunya indikator smartphone premium. Aspek spesifikasi dan performa yang membuat penggunanya puas juga ikut menentukan.

ASUS ZenFone 5 hadir dengan layar lega 6,2 inci Full HD+ (2246x1080 piksel) dengan aspek rasio screen-to-body 90 persen atau 19:9, sehingga layar lega tersebut bisa hadir dalam ukuran smartphone 5,5 inci yang pas dan nyaman di genggaman.

Dapur pacunya membawa kapasitas RAM 4GB dan memori internal 64GB yang bertumpu pada prosesor Qualcomm Snapdragon 636 Quad-core 1,8GHz. Membandingkan dengan smartphone lain di pasar yang harga banderol sama misalnya Vivo V9, ASUS ZenFone 5 masih menawarkan spesifikasi yang cukup baik.
 
Spesifikasi ASUS Zenfone 5 Vivo V9
Prosesor Qualcom Snapdragon 636 Qualcomm Snapdragon 450
RAM  4GB 4GB
OS Android 8.1 Oreo Android 8.1 Oreo
Memori Internal 64GB 64GB
Kamera Belakang 12MP+8MP, Depan 8MP Belakang 13MP+5MP, Depan 24MP
Baterai  3.300mAh 3.260mAh
Dimesi  6,02 x 2,98 x 0,30 inci 6,09 x 2,96 x 0,31 inci
Bobot  165 gram 150 gram
Harga Rp4,2 juta Rp4,2 juta

Berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi yang kerap digunakan sebagai standar pengujian smartphone, ASUS ZenFone 5 terbukti lebih unggul dengan smartphone lain yang harganya sama. Keunggulan performanya ditunjang oleh kemampuan yang dimiliki prosesor Qualcom Snapdragon 636.



Hasil skor yang tinggi di pengujian 3DMark Slingshot Extreme dan PCMark Work 2.0 dari ASUS ZenFone 5 membuktikan bahwa smartphone ini memiliki performa baik untuk multitasking dan menjalankan aplikasi yang membutuhkan kemampuan mengolah grafis.

Misalnya, untuk memainkan game populer seperti PUBG. Pada Vivo V9 di kualitas grafis tingkat Low, masih terasa kontrol kurang responsif di tambah konsumsi baterai yang cukup boros. Dalam durasi permainan 56 menit kapasitas baterai berkurang 20 persen.

Sementara ASUS ZenFone 5 dengan kualitas grafis tingkat Medium masih tetap menyajikan kontrol yang lincah serta konsumsi baterari yang lebih hemat. Dalam durasi 56 menit hanya 16 persen.

Kontrol yang responsif serta tingkat konsumsi baterai yang tidak boros dari ASUS ZenFone 5 menunjukkan seberapa baik performa smartphone tersebut menangangi aplikasi yang berjalan dan membutuhkan tenaga dalam tingkat kualitas grafis yang lebih tinggi dibandingkan kompetitor.

Pada pengujian yang dilakukan Medcom.id dengan PCMark Battery untuk daya tahan baterainya, ASUS ZenFone 5 masih mencatatkan daya tahan yang panjang.



Sedikit perbedaan dibandingkan kompetitornya disebabkan produk kompetitor tidak menggunakan jenis prosesor yang tingkatannya lebih rendah. Dari hasil konsumsi baterai selama digunakan untuk bermain PUBG tercatat bahwa ASUS ZenFone 5 tetap lebih hemat.

Kamera juga menjadi aspek penting smartphone untuk layak menyandang status premium. ASUS ZenFone 5 menyematkan kamera belakang ganda dengan resolusi 12MP+8MP, yang mengadopsi sensor Sony IMX363. Besarnya angka resolusi bukan acuan melainkan teknologi dibalik kualitas yang ditawarkan.

Dibandingkan dengan smartphone kompetitor, ASUS ZenFone 5 masih menghasilkan kualitas foto yang lebih tajam dengan kemampuan menangkap warna dan cahaya yang lebih baik meskipun tidak membawa angka resolusi kamera yang lebih besar.






Perbedaan keduanya terlihat dengan jelas, bahwa ASUS ZenFone 5 lebih cerdas dalam membaca kondisi pengambilan foto sehingga tidak menghasilkan foto dengan warna atau cahaya yang over exposure. Ditambah tidak banyak noise yang terlihat dari hasil foto ASUS ZenFone 5 sambil tetap mempertahankan kualitas warna natural.

Kamera depan ASUS ZenFone 5 hadir dengan resolusi 8MP, juga menyajikan kualitas foto yang tajam dan warna natural meskipun tanpa bantuan beautification atau mempercantik hasil foto. 



Melihat keseluruhan kualitas performa yang diberikan, Medcom.id sepakat bahwa ASUS ZenFone 5 layak digolongkan sebagai smartphone premium yang tidak hanya menjagokan desain luarnya saja, tapi juga performanya bisa diandalkan.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.