Google merayakan ulang tahun kelima asisten digital karyanya, Google Assistant.
Google merayakan ulang tahun kelima asisten digital karyanya, Google Assistant.

Google Rayakan Ulang Tahun Ke-5 Assistant

Teknologi google
Lufthi Anggraeni • 16 Oktober 2021 07:36
Jakarta: Google merayakan ulang tahun kelima asisten digital karyanya, Google Assistant. Awalnya, Assistant hanya menawarkan dua suara, tersedia di speaker Google yang dipasarkan di Amerika Serikat, dan mendukung bahasa Inggris dan Jerman via ponsel Pixel.
 
Google Assistant diklaim telah membantu menjawab miliaran pertanyaan, mengirim jutaan pesan, membuat jutaan resep, mengatur miliaran pengingat, dan lainnya, hanya dengan menggunakan suara pengguna.
 
Kini, Google Assistant telah tersedia di lebih dari 90 negara, hampir 30 bahasa, menawarkan 10 suara untuk dipilih dan bekerja dengan lebih dari 100 juta perangkat rumah pintar, termasuk lampu, sistem keamanan dan termostat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Soal teknologi, Google Assistant menyatukan teknologi termasuk Knowledge Graph hingga Natural Language Processing. Google mengklaim salah satu terobosan terbarunya di ranah Assistant yaitu penerapan BERT.
 
Sebagai informasi, neural transformer revolusioner ini ditemukan Google pada tahun 2018. Google menerapkan teknologi ini pada percakapan Assistant guna membantu asisten digital ini dalam memahami konteks dan dialog lebih panjang.
 
Selain itu, BERT juga memungkinkan pengguna melakukan percakapan bolak-balik secara lebih alami. Google juga menegaskan bahwa Assistant tidak hanya memungkinkan pengguna mengakses banyak informasi dan pembelajaran dari kekuatan perintah suara.
 
Google mengklaim dapat membantu pengguna dalam menangani hal kecil di sekitar rumah, atau di berbagai lokasi pengguna berdiam diri.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif