Alasan Smartfren Mengunci Opsi Pengembang di Andromax

Teknologi smartfren andromax
Insaf Albert Tarigan • 26 Agustus 2015 15:05
medcom.id, Yogyakarta: Berbeda dengan pabrikan lain, Smartfren mengunci Opsi Pengembang --USB Debugging-- atau Developer Option pada ponsel Andromax, termasuk seri 4G LTE. Opsi ini biasanya digunakan pengembang atau sekadar tukang ngoprek untuk melakukan banyak hal, termasuk memasang Custom ROM.
 
Head of Devices Smartfren Sukaca Purwokardjono mengatakan, Smartfren sengaja melakukan hal itu karena alasan bisnis.
 
"HP Andromax didesain untuk Smartfren, baik dari segi bandwidth dan spektrumnya," katanya di Yogyakarta, Rabu (26/8/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Opsi Pengembang tidak dikunci, kata Sukaca, pengguna akan bisa mengubah pengaturan standar pabrik Andromax agar optimal digunakan di layanan operator lain. Padahal, konsumen tak jarang membeli Andromax dengan murah karena sudah disubsidi Smartfren.
 
"Meskipun subsidinya kecil, tapi kita tetap harus menjaga," katanya.
 
Walau demikian, sebenarnya sudah banyak konsumen yang mampu membuka Opsi Pengembang Andromax berbekal perangkat lunak buatan pihak ketiga. Tutorialnya juga banyak beredar di internet, khususnya untuk seri Andromax sebelum 4G LTE.
 
Terhadap konsumen yang tetap nekad membuka Opsi Pengembang, Sukaca mengingatkan bahwa mereka akan kehilangan garansi produk Andromaxnya jika terjadi kerusakan software.
 
"Kalau unlock tanpa izin, dan terjadi kerusakan software, itu jadi tanggungjawab konsumen," katanya.
 

(ABE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif