Xiaomi Mi 6
Xiaomi Mi 6

Xiaomi Akhirnya Kenalkan Mi 6

Teknologi xiaomi mi 6
Riandanu Madi Utomo • 19 April 2017 14:21
medcom.id: Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan ponsel flagship barunya, yaitu Mi 6. Ponsel yang telah banyak dirumorkan kehadirannya ini tampil dengan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835.

Dengan demikian, Xiaomi berhasil tampil sebagai produsen ponsel Tiongkok pertama yang mengadopsi prosesor terbaru Qualcomm tersebut.

"Ini adalah pertama kalinya Snapdragon 835 untuk digunakan di produk mbuatan Tiongkok. Kami sangat berterimakasih kepada para partner kami," ujar CEO Xiaomi, Lei Jun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Snapdragon 835 menggunakan arsitektur 10nm terbaru, merupakan arsitektur paling canggih. Ia punya performa lebih kencang, bahkan dalam benchmark mengalahkan Galaxy S8 dan Huawei P10. Snapdragon 835 juga mendukung API Vulkan sehingga bisa menghadirkan grafis game dengan kualitas konsol. Bahkan di GFXBench, ponsel ini diklaim bisa menghasilkan skor hingga 63fps, di atas Galaxy S8 dan P10. Mi 6 menggunakan ram LPDDR4 berkapasitas 6GB. dengan kombinasi prosesor snapdragon 835 dan RAM LPDDR4 6GB, xiaomi mengklaim Mi 6 sebagai ponsel "performance beast". Ia bahkan dikatakan sebagai ponsel Mi dengan performa paling kencang hingga saat ini.

Mi 6 memiliki bodi belakang dengan lengkungan khusus agar nyaman ketika digenggam. Ujung ponsel ini juga dirancang lengkung, namun masih menggunakan desain dengan bezel. Ia juga memiliki satu tombol home besar di bagian bawahnya. Kali ini Xiaomi juga mengadopsi USB Type-C sebagai konektor utamanya. Mi 6 akan hadir dalam tiga warna, yaitu biru, hitam, dan putih.



Bagian depan ponsel ini menggunakan 3D curved glass baru. Xiaomi mengklaim sudut dari curve glass ini memiliki bentuk yang lebih lengkung sehingga tampilannya lebih elegan. Bodi stainless steel ini juga dikatakan dibuat dengan menggunakan teknologi baru, sehingga kualitasnya lebih baik dan harganya bisa lebih ditekan.

Mengapa stainless steel? Xiaomi mengatakan Mi 6 ingin ditampilkan layaknya jam tangan mewah yang dibuat sangat presisi. Sayangnya, Mi 6 tidak tampil dengan jack audio 3.5mm. Namun, pihak Xiaomi mengatakan mereka akan menghadirkan converter khusus di paket penjualannya.

Tombol bagian bawah pada Mi 6 berfungsi sebagai sensor fingerprint. Sensor tersebut juga dirancang khusus sehingga masih bisa berfungsi dengan baik meski terkena debu dan air.

Mi 6 menggunakan layar 5,15 inci. ukuran tersebut diklaim sangat tepat untuk digenggam, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Mi 6 juga dirancang tahan air. Xiaomi bahkan memberikan pelindung ekstra di bagian slot kartu SIM dan port USB Type-C.

"Mi 6 merupakan salah satu karya terbaik kami. Kami mungkin belum sekuat Apple atau Samsung, namun kami terus bekerja keras menghadirkan inovasi untuk Anda. Itulah yang membuat kami bisa bertahan di industri ponsel dengan persaingan yang sangat ketat ini," lanjut Lei Jun.

Mi 6 juga menggunakan dua kamera belakang. Xiaomi masih belum memberitahu spesifikasi lengkapnya.



Mi 6 juga memiliki edisi spesial dengan bodi berwarna silver. Bodi ponsel edisi spesial ini menggunakan desain glossy dengan proses manufaktur yang sangat kompleks. Pihak Xiaomi mengatakan dari 10 ribu yang dibuat, hanya ada 10 yang layak untuk dijual. Sama seperti Mi Mix, ponsel ini akan dijual sangat terbatas.


(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi