Fasilitas BTS yang disiagakan Telkomsel di titik lokasi koordinasi evakuasi Sriwijaya Air SJ182. (Telkomsel)
Fasilitas BTS yang disiagakan Telkomsel di titik lokasi koordinasi evakuasi Sriwijaya Air SJ182. (Telkomsel)

Telkomsel Pastikan Komunikasi Tim Evakuasi Sriwijaya Air SJ182

Teknologi teknologi telkomsel telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 12 Januari 2021 11:15
Jakarta: Penyedialan layanan telekomunikasi Telkomsel menyatakan turut berduka atas peristiwa jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada 9 Januari 2021. Tidak hanya itu Telkomsel juga menyatakan memberikan dukungan kelancaranan operasional komunikasi tim evakuasi.
 
Telkomsel mengklaim sudah berkoordinasi bersama sejumlah pihak untuk penguatan kapasitas dan pengamanan kualitas jaringan telekomunikasi di area Posko Basarnas di JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Posko Crisis Center di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Supadio Pontianak, serta RS Polri Kramat Jati.
 
Pihak Telkomsel juga menyebut melakukan penambahan infrastruktur BTS Merah Putih di kapan KRI Semarang yang ikut dalam evakuasi Sriwijaya Air SJ182. BTS Merah Putih tersebut memiliki jangkauan layanan hingga dua kilometer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fasilitas tersebut menunjang proses komunikasi antara petugas yang berada KRI Semarang dengan seluruh petugas yang melakukan evakuasi danpenyelamatan korban dari kapal kecil atau sekoci serta KRI lainnya yang juga bertugas di perairan Kepulauan Seribu.
 
Telkomsel juga telah mengoperasikan tambahan masing-masing satu unit Compact Mobile BTS (Combat) Telkomsel di area JITC 2 Pelabuhan Tanjung Priok dan RS Polri sebagai antisipasi kenaikan kapasitas trafik komunikasi di sekitar lokasi Posko Basarnas dan Posko Antemortem-DVI.
 
Direktur Network Telkomsel, Hendri Mulya Syam juga menyebutkan sudah mengoperasikan 20 unit BTS yang didukung teknologi broadband terkini 4G LTE di kawasan JICT 2 Pelabuhan tanjung priok. Kemudian infrastruktur yang sama juga ada di sekitar Pulau Lancang Kepulauan Seribu.
 
"Telkomsel akan terus berkoordinasi dalam memastikan kelancaran akses komunikasi seluruh tim yang terlibat, dan memastikan kebutuhan akses komunikasi khususnya layanan broadband dapat terpenuhi selama proses evakuasi, penyelamatan, dan identifikasi korban berlangsung," ujar Hendri.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif