Smartfren Segera Boyong Trio iPhone Anyar ke Indonesia?
Smartfren mengaku masih belum bisa mengonfirmasi terkait kedatangan iPhone terbaru di Indonesia.
Palembang: Setelah berhasil memboyong smartphone karya Apple ke Indonesia, mulai dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Smartfren melanjutkan langkahnya dalam menghadirkan generasi selanjutnya dari iPhone yaitu iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Kini setelah Apple secara resmi meluncurkan iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR, sejumlah pihak mempertanyakan peluang dan waktu yang dipilih Smartfren untuk memboyong smartphone unggulan terbaru Apple ini ke Indonesia.

"Tunggu tanggal mainnya, karena kita tak bisa konfirmasi soal iPhone kalau belum semua. Bakal butuh waktu, dia sepertinya agak lambat untuk tahun ini, tak secepat tahun lalu," ujar Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra.


Sementara itu, informasi yang beredar menyebut bahwa ketiga ponsel cerdas ini telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan dinyatakan memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 30 persen.

Menanggapai hal tersebut, Vice President Technology Relations & Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo, menyebut bahwa jika perangkat sudah memenuhi aturan TKDN, umumnya dapat dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat, meski mengaku pernyataannya bukanlah konfirmasi.

Selain itu, Roberto juga menambahkan bahwa kerja sama untuk menghadirkan tiga perangkat iPhone terbaru ini merupakan hal sensitif, dan kembali menegaskan bahwa dirinya baru akan bisa menjawab pertanyaan terkait iPhone terbaru ini setelah semua terkonfirmasi.

Meskipun demikian, Roberto kembali menegaskan komitmen Smartfren untuk menghadirkan teknologi baru dari sisi jaringan. Setelahnya, Smartfren baru akan terfokus menjajaki kerja sama dengan mitra di pasar terbuka.



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.