Data center Telkom nuCentrIX di Sentul.
Data center Telkom nuCentrIX di Sentul.

Indonesia Dinilai Potensial Jadi Hub Data Center Asia

Cahyandaru Kuncorojati • 19 Januari 2022 10:25
Jakarta: Perkembangan digitalisasi membuat sektor data center ikut merangkak naik. Kebutuhan dinilai sangat potensial memiliki nilai investasi yang besar.
 
Indonesia juga dinilai sebagai lokasi potensial untuk bisnis data center terutama menjadi the next hub alias penyambung selain Singapura dan Hong Kong.
 
Pandangan ini disampaikan oleh Executive Vice President Divisi Wholesale Service Telkom, Erik Orbandi. Dia mengungkapkan Indonesia memiliki pasar Internet dan smartphone aktif terbesar di Asia Tenggara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini diklaim koneksi mobile di Indonesia mencapai 125,6 persen dari total populasi. angka ini lebih tinggi dari rata-rata global yang hanya 102,4 persen dari jumlah populasi.
 
“Saat ini Indonesia banyak dipertimbangkan pemain global sebagai the next Hub setelah Singapura dan Hongkong. Bisnis Data Center mengundang pelaku bisnis lokal maupun global untuk ikut terjun dalam bisnis, baik dalam bentuk joint venture maupun direct investment dan pembentukan anak perusahaan,” jelas Erik.
 
Telkom sendiri memiliki unit bisnis data center yang bernama neuCentrIX yang merupakan data center kapasitas besar atau hyperscale. Di sini ditawarkan kecanggihan sekaligus diferensiasi dari kompetitornya yaitu Green DC, Hyperscale DC Infra dan Multiple DC Location. 
 
“Telkom memiliki Data Center dengan konsep ECO yang dilengkapi koneksi seamless dengan data center berkapasitas besar (Hyperscale Data Center) yang telah dibangun di lokasi Cikarang,” ujar Erik.
 
“Dilengkapi dengan Edge DC yang tersebar di 18 lokasi seluruh Indonesia dan 5 lokasi global, menjadikan Data Center Telkom Group menjadi pilihan tepat dalam mendeliver layanan complete level data center,” sambungnya.
 
Menurut Erik, lokasi neuCentrIX yang tersebar di domestik dan global tersebut memudahkan pelanggan dalam backup data secar periodik yang menyediakan layanan primary data center sekaligus data recovery site data center.
 
Pelanggan juga diberi kebebasan memiliki akses colocation data center. Dia mengklaim neuCentrIX telah dilengkapi dengan sistem pencegahan dan pemulihan untuk berbagai jenis ancaman serta protokol keamanan tingkat tinggi, baik virtual maupun fisik.
 
Di luar Indonesia, Data Center Telkom Group dikelola oleh Telin sebagai anak perusahaan Telkom yang bergerak di bisnis internasional. Telin sebagai bagian dari Telkom Group telah bekerja sama dengan penyedia layanan content distribution network yang dilengkapi layanan security dengan high-credential di cakupan global.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif