WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan layanan chat multi perangkat, termasuk tablet.
WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan layanan chat multi perangkat, termasuk tablet.

WhatsApp Kembangkan Layanan Chat Multi Ponsel dan Tablet

Teknologi whatsapp
Lufthi Anggraeni • 30 April 2022 09:43
Jakarta: WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna berbincang dengan akun yang sama pada sejumlah ponsel, atau pada ponsel dan tablet, menurut informasi yang ditemukan pada aplikasi versi beta.
 
Mengutip WABetaInfo, informasi ini memberikan instruksi untuk mendaftarkan perangkat yang pengguna gunakan sebagai pendamping, dengan memindai kode menggunakan ponsel utama, meski saat ini belum dapat dipastikan sebagai kode yang benar-benar dapat dipindai.
 
Informasi yang ditemukan pada versi beta sebelumnya menampilkan bahwa perangkat akan mendapatkan kemampuan untuk melakukan sinkronisasi pesan terbaru, meski melalui enkripsi end-to-end.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu informasi ini, dikombinasikan dengan informasi Register Device as Companion yang menginstruksikan pengguna terkait cara menggunakan WhatsApp pada perangkat lain, menambahkan bukti yang meyakinkan bahwa fitur ini tengah dalam proses pengembangan.
 
Kedua informasi ini ditemukan di aplikasi versi Android, mengimplikasikan bahwa fitur ini akan mendukung percakapan pada ponsel atau tablet sekunder. Saat ini belum tersedia informasi terkait ketersediaan fitur ini di aplikasi versi iOS maupun waktu peluncurannya, meskipun informasi yang beredar mengindikasikan hal tersebut.
 
Secara teknis, WhatsApp telah mendukung penggunaan akun di berbagai perangkat via fitur Linked Devices, yang saat ini hanya mendukung penggunaan komputer sebagai perangkat sekunder. Fitur ini telah tersedia baik pada aplikasi versi iOS maupun Android.
 
WhatsApp menggulirkan Linked Devices dalam versi beta publik pada bulan November 2021 lalu, dan telah mengalami peningkatan sejak kala itu, meski masih terdapat sejumlah fitur yang tidak terdukung, bergantung pada perangkat utama pengguna.
 
Linked Devices disebut sejumlah pihak sebagai perangkat yang berguna bagi pengguna desktop, sayangnya tidak demikian dengan pengguna perangkat sekunder berupa tablet dan smartphone lainnya.
 
Meta, perusahaan induk WhatsApp, belum merilis tanggapan saat The Verge meminta keterangan soal rencana memperluas cakupan ketersediaan fitur Linked Devices ke perangkat mobile kompatibel lainnya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif