Ilustrasi.
Ilustrasi.

Intel Luncurkan Prosesor Generasi ke-12 Core HX Series, Bawa Performa Tertinggi

Teknologi hardware intel
Cahyandaru Kuncorojati • 13 Mei 2022 09:29
Jakarta: Intel meluncurkan lini prosesor terbaru di keluarga Generasi ke-12 atau Alder Lake yang diberi nama HX Series. Lini ini diluncurkan untuk PC dan laptop yang diklaim menawarkan performa tinggi untuk segmen laptop gaming dan content creator serta workstation.
 
Intel 12th Gen Core HX Series versi desktop hadir dengan desain LGA yang masih dengan model Alder Lake-H sementara untuk versi laptop (mobile) yang dikenal sebagai Alder Lake-S menggunakan model die yang dibuat lebih tipis yaitu desain BGA.
 
Prosesor Intel 12th Gen Core HX Series masih akan menggunakan arsitektur hybrid yaitu P-Core dengan jumlah bervariasi hingga 16-core dan E-Core mencapai 8-cores. Total ada tujuh prosesor Intel 12th Gen Core HX Series yang terdiri dari dua prosesor di Core i9, tiga di Core i7, dan dua di Core i5.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Intel Luncurkan Prosesor Generasi ke-12 Core HX Series, Bawa Performa Tertinggi
 
Semuanya ditawarkan dengan dukungan untuk RAM DDR5-4800MHz dan DDR4-3200MHz. Di sejumlah laptop juga disebut akan memiliki dukungan memory ECC (Error Correcting Code), dan untuk kategori workstation kapasitas bisa mencapai 128GB dengan mengandalkan empat slot DIMM.
 
Prosesor ini juga menyediakan dukungan I/O yang lengkap misalnya PCIe Gen5 x16 dan dua buah x8, di motherboard desktop akan tersedia dukungan untuk 48 slot PCIe, kemudian empat SSD dan dua controller Thunderbolt discrete. 
 
Intel Luncurkan Prosesor Generasi ke-12 Core HX Series, Bawa Performa Tertinggi
 
Melihat lini Core HX Series ditujukan bagi segmen enthusiast dan workstation yang membutuhkan performa lebih, di sini juga ada fitur overclock yang dibagi menjadi Full Memory serta Unlimited Core OC, dan Full Memory dengan Limited Core OC di beberapa varian prosesor.
 
Di bagian overclock memory atau RAm disediakan dukungan untuk DDR5 maupun DDR4 kemudian Intel XMP 3.0 bagi DDR5 serta versi baru fitur Intel Dynamic Boost. Di overclock CPU Intel menjanjikan overclock E-Core, versi terbaru Intel Speed Optimizer, dan peningkatan di Intel Extreme Tuning.
 
Intel Luncurkan Prosesor Generasi ke-12 Core HX Series, Bawa Performa Tertinggi
 
Di Core i9 HX Series tersedia Core i9-12950HX dan i–12900HX sebagai yang tertinggi di lini Core HX Series. Di sini ada 16-core/24-threads yang terdiri dari 8 P-Core dan 8 E-Core. Keduanya memiliki L3 cache 30MB dengan core clock mencapai 3,6GHz di base clock dan 5.0GHz di boost clock.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif