Bendera Bulgaria. (Wikimedia Commons)
Bendera Bulgaria. (Wikimedia Commons)

Hacker Serang Server Pemerintah Bulgaria, Curi Foto Warga

Teknologi cyber security
Ellavie Ichlasa Amalia • 18 Juli 2019 14:03
Jakarta:Data dari lima juta warga Bulgaria tercuri setelah Badan Pendapatan Nasional (NRA), layanan pelaporan pajak, mengalami serangan siber.
 
Menurut Capita, koran mingguan asal Bulgaria, sebanyak 57 folder dikirimkan ke media lokal pada hari Senin. Informasi di dalamnya berupa jutaan baris PIN, nama, alamat, dan pendapatan. Informasi ini mencakup data dari beberapa jurnalis Capital dan Menteri Keuangan Bulgaria.
 
Folder itu juga mengandung daftar ratusan ribu wajah, yang dipercaya merupakan pengguna dari situs judi online karena wajah ini dikaitkan dengan ID pemain dan alamat IP tertentu, menurut laporan PCMag.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Parlemen, Menteri Keuangan berkata, siapapun yang berusaha untuk mengeksploitasi data tersebut akan dihukum berdasarkan hukum Bulgaria, lapor BBC.
 
Sebagian dari data itu merupakan data lama. Namun, ada juga file yang mengandung data dari bulan Juni. Ini menujukkan bahwa serangan siber ini terjadi belum lama.
 
Pengiriman data ini disertai dengan email anonim, mengatakan bahwa data yang dikirimkan ke media bukanlah keseluruhan data yang tercuri. Dari 21GB data, hanya 11GB data yang dikirimkan ke media.
 
Email ini datang dari akun Yandex, penyedia email asal Rusia. Menteri Dalam Negeri Mladen Marinov berkata, serangan ini kemungkinan dimotivasi oleh keputusan Bulgaria untuk membeli Lockheed Martin F-16 demi mengganti pesawat lama dari Soviet.
 
Dalam pernyataan resmi, NRA berkata bahwa penyelidikan mereka menunjukkan adanya "akses tanpa izin ke tiga persen informasi yang terkandung di dalam database NRA... dilakukan hampir 20 hari lalu," kata mereka. Mereka juga menekankan, mereka tidak mengizinkan akses tanpa izin ke informasi sensitif.
 
Peneliti keamanan siber Vesselin Bontchev, asisten dosen di Bulgarian Academy of Science berkata bahwa, data pribadi dari semua populasi orang dewasa Bulgaria telah tercuri.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif