AMD Radeon RX 5700 XT.
AMD Radeon RX 5700 XT.

AMD Berniat Ubah Desain Radeon RX 5700

Teknologi amd hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Juli 2019 12:34
Jakarta: AMD sudah mengumumkan kartu grafis terbarunya yaitu Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT pada awal minggu ini. Tentu saja, keduanya hadir dalam versi reference. Pada versi ini, kartu grafis tersebut memiliki tampilan biasa dengan sistem pendingin satu buah cooler fan.
 
Banyak pihak yang menilai bahwa sistem pendingin tersebut kurang bisa memacu performa dari kartu grafis terbaru AMD yang dinilai sudah sangat baik. Jadi, diharapkan seri AMD Radeon RX 5700 akan memiliki versi custom yang diproduksi oleh vendor pihak ketiga.
 
Faktanya, beberapa vendor turut mengumumkan kartu grafis AMD Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT dengan desain yang serupa versi reference setelah AMD lebih dulu resmi mengumumkannya. Kini suara tersebut tampaknya mulai didengar oleh pihak AMD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari PC World, VP & GM Radeon Business Unit AMD, Scott Herkelman memberikan tanggapan lewat sebuah forum internet. Dia menyatakan bahwa duo kartu grafis terbaru AMD akan memiliki versi custom.
 
"Hai semua, desain custom AIB akan segera hadir di pasar pada pertengahan Agustus," tulis Herkelman. Dia juga mengakui bahwa dia mendengarkan harapan konsumen produknya untuk memiliki desain sistem pendingin berupa dual fan atau tri-axial fan untuk segmen pengguna enthusiasts.
 
Seperti diketahui bahwa model dua cooling fan hadir di versi reference jajaran produk NVIDIA sementara tiga cooling fan ditemukan di versi custom dari vendor pihak ketiga. Kabar baiknya, Herkelman menyatakan tertarik dengan ide tersebut.
 
Selama ini konsumen bisa menolerir absennya kartu grafis versi custom dari AMD Radeon karena menyadari bahwa engineer pihak ketiga tentu saja membutuhkan waktu untuk memodifikasi produk berbasis teknologi buatan AMD tersebut.
 
Sayangnya, terkadang tampilannya juga tidak menunjukkan perubahan sama sekali. Misalnya, AMD Radeon VII yang diproduksi oleh ASRock dengan label Phantom Gaming maupun MSI yang masih memiliki model sama dengan AMD Radeon VII reference.
 
Konsumen berharap, Herkelman benar-benar membuat ide ini menjadi nyata. AMD harus merealisasikannya untuk merebut penggemar NVIDIA. Melihat kemarin AMD mengambil keputusan untuk memangkas harga produknya jelang rilis seri AMD Radeon RX 5700 sebagai tanggapan atas NVIDIA RTX SUPER bisa diprediksi bahwa kompetisi industri kartu grafis kembali memanas.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif