?Amazon mendaftarkan dokumen paten kepada USPTO untuk fitur baru Alexa.
?Amazon mendaftarkan dokumen paten kepada USPTO untuk fitur baru Alexa.

Amazon Daftarkan Paten untuk Fitur Baru Alexa

Teknologi amazon
Lufthi Anggraeni • 28 Mei 2019 15:36
Jakarta: Amazon mendaftarkan dokumen paten kepada United States Patent and Trademark Office (USPTO). Paten ini dilaporkan akan memungkinkan pengguna meminta Alexa untuk menyelesaikan tugas dengan cara pemberian perintah berbeda.
 
Dokumen paten berjudul Pre-Wakeword Speech Processing ini membahas sistem berkemampuan menangkap dan memproses kata yang diucapkan oleh pemilik Alexa sebelum kata kunci dilontarkan, seperti yang dilaporkan Phone Arena.
 
Dengan kata lain, Alexa akan merekam perkataan pengguna sebelum mengucapkan namanya. Ilustrasi yang disematkan Amazon pada dokumen tersebut menampilkan bahwa pengguna akan dapat berucap “Play ‘And Your Bird Can Sing’ Alexa, by the Beatles,” untuk memutarkan lagu tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, pengguna belum dapat memberikan perintah pada Alexa cara demikian. Paten ini juga dikhawatirkan dapat memicu kemarahan aktivis privasi, meski pada dokumennya, Amazon menjelaskan apa yang mereka lakukan untuk melindungi privasi pengguna.
 
Amazon menyebut bahwa dialog tidak perlu dikirimkan melalui server Amazon, sehingga mengatasi permasalahan menyoal privasi terkait dengan sistem pemrosesan wicara yang selalu aktif.
 
Amazon juga menyebut bahwa sistem ini hanya membutuhkan perekaman ucapan pengguna berdurasi 10 detik hingga 30 detik, jadi ini seharusnya dapat meredakan kekhawatiran para aktivitas privasi.
 
Paten itu juga menyebut setelah kata kunci diucapkan, Alexa akan mencari jeda terbaru dalam dialog. Semua kata dan kalimat yang dikatakan pengguna setelah jeda tersebut hingga kata kunci dilontarkan akan dikirimkan kepada server Amazon untuk diproses. Menurut dokumen, paten ini didaftarkan karena sistem yang saat ini digunakan untuk memproses percakapan dirancang untuk mengabaikan semua hal hingga kata kunci dilontarkan.
 
Teknologi yang digunakan pada paten akan memungkinkan pengguna untuk menyusun kalimat permintaan kepada Alexa dengan cara lebih alami. Amazon menyebut belum siap untuk mengimplementasikan teknologi yang terdaftar pada dokumen paten tersebut, dan mungkin tidak akan pernah mengimplementasikan perubahan itu.
 
Sebelumnya pada bulan lalu, Amazon dilaporkan memiliki unit yang bertugas mendengarkan percakapan pengguna dengan Alexa dan melakukan transkrip untuk percakapan ini. Amazon menyebut hal ini dilakukan untuk membantu Alexa belajar lebih banyak terkait percakapan manusia, serta membantu asisten virtual ini merespon secara lebih akurat untuk perintah yang diberikan pengguna.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif