Kesalahan kecil seperti typo membuat masalah besar untuk Amazon. (ANTIN/EPA/REX/SHUTTERSTOCK)
Kesalahan kecil seperti typo membuat masalah besar untuk Amazon. (ANTIN/EPA/REX/SHUTTERSTOCK)

Salah Ketik Jadi Penyebab Sebagian Internet Lumpuh

Ellavie Ichlasa Amalia • 03 Maret 2017 10:48
medcom.id: Amazon Simple Storage Service (S3) dan Amazon Web Services (AWS) menyokong banyak situs-situs populer. Biasanya, keduanya cukup bisa diandalkan, yang berarti, perusahaan-perusahaan yang menggunakan layanan mereka tidak perlu khawatir situs mereka tidak bisa diakses.
 
Namun, seperti yang disebutkan oleh BGR, tidak ada layanan internet yang bisa sepenuhnya menjamin layanan mereka tidak akan mengalami gangguan, termasuk AWS. Pada hari Selasa, AWS mengalami gangguan, membuat berbagai situs dan layanan populer menjadi tidak bisa diakses.
 
Sekarang, Amazon menjelaskan apa yang menyebabkan masalah tersebut.

Dalam penjelasan yang Amazon unggah ke situsnya, mereka menyebut "kesalahan manusia" atau human error sebagai penyebab masalah pada hari Selasa tersebut. Mashable menyebutkan, kesalahan manusia yang dimaksud di sini adalah typo, karena ada seorang pekerja Amazon yang salah memasukkan perintah saat melakukan pemeliharaan sistem. 
 
Menurut penjelasan Amazon, masalah dimulai pada hari Selasa pagi waktu setempat ketika seorang karyawan, yang sedang melakukan pemeliharaan rutin, memasukkan perintah yang salah ketika dia mencoba untuk membuat "sedikit server" offline. Karena kesalahannya itu, server dalam jumlah banyak justru menjadi offline, termasuk server yang mendukung 2 subsistem dari S3.
 
Hal inilah yang menyebabkan banyak situs dan layanan menjadi tidak bisa diakses. Amazon bahkan tidak bisa mengunggah ke situsnya sendiri untuk menjelaskan tentang masalah ini. Seolah itu tidak cukup buruk, server-server yang Amazon gunakan telah lama tidak di-restart sepenuhnya. Karena itulah, proses tersebut memakan waktu yang cukup lama.
 
Kegagalan ini dapat mencoreng reputasi Amazon dan mereka menyadari hal ini. Karena itu, mereka berjanji mereka akan mengambil langkah-langkah preventif untuk memastikan masalah yang sama tidak terulang kembali.
 
Mereka menambahkan, mereka telah menggunakan "perlindungan" untuk memastikan agar sistem mereka tidak akan menjadi offline sepenuhnya dan memprioritaskan pemulihan sistem yang offline
 
"Kami ingin meminta maaf atas masalah yang ditimbulkan oleh kejadian ini pada pelanggan kami," tulis Amazon.
 
"Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk belajar dari kejadian ini dan menggunakannya untuk memperbaiki layanan kami."
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan